Nigeria Tunda Pemilihan Presiden Lima Jam Sebelum Dimulai

AFP, CNN Indonesia | Sabtu, 16/02/2019 09:49 WIB
Nigeria Tunda Pemilihan Presiden Lima Jam Sebelum Dimulai Presiden Nigeria Muhammadu Buhari. (REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemilihan presiden dan anggota parlemen Nigeria yang rencananya diadakan pada hari Sabtu (16/2) waktu setempat, akan ditunda hingga 23 Februari 2019, kata ketua komisi pemilihan negara tersebut pada hari Sabtu (16/2).

Berbicara kepada wartawan sekitar lima jam sebelum dimulainya pemungutan suara serentak, Ketua Komisi Pemilihan Umum Independen (INEC) Mahmood Yakubu, mengatakan bahwa persiapan atas rencana pemilihan umum yang dijadwalkan sebelumnya masih belum layak.


Dia mengatakan penundaan itu diperlukan demi proses pemilihan umum yang lebih bebas dan adil.


Negara paling padat di Afrika itu telah menyediakan 120 ribu tempat pemungutan suara, dengan sebanyak 73 calon kandidat untuk dipilih.


Presiden Muhammadu Buhari mengincar masa jabatan kedua, tetapi menghadapi tantangan berat dari kandidat oposisi utama, mantan wakil presiden Atiku Abubakar.

Penundaan pemungutan suara selama satu minggu terakhir kali terjadi pada 2015. Saat itu pemerintah khawatir akan keamanan akibat pemberontakan Boko Haram.

Masalah penundaan pemilihan umum membuat INEC berada di bawah tekanan yang sama seperti empat tahun lalu, karena banyak kekhawatiran tentang transparansi distribusi kartu identitas biometrik untuk 84 juta pemilih terdaftar.

Tiga kebakaran juga terjadi di tiga kantor INEC dalam dua minggu terakhir, menghancurkan kartu pemilih yang tak terpakai dan bahan pemilihan lainnya, termasuk mesin pembaca kartu dan kotak suara.

(ard)