FOTO: Berperang Dengan Heroin di Meksiko

REUTERS, CNN Indonesia | Minggu, 10/02/2019 12:44 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Meksiko menjadi salah satu negara penyumbang heroin ke Amerika Serikat. Tentara Meksiko mengambil sikap dengan menghancurkan ladang-ladang opium ilegal.

Sebuah lapangan di Sierra Madre de Sur, negara bagian selatan Guerrero, Meksiko, dipenuhi oleh bunga dengan kelopak merah. Bunga yang sekilas nampak 'normal' ini merupakan bunga opium. (REUTERS/Carlos Jasso).
Seorang tentara melambaikan tangan ke penduduk setempat di dekat daerah tempat tentara menemukan perkebunan opium ilegal di Sierra Madre del Sur, di negara bagian selatan Guerrero, Meksiko. (REUTERS/Carlos Jasso).
Tentara tiba di lokasi penemuan perkebunan opium ilegal di Sierra Madre del Sur, Meksiko. (REUTERS/Carlos Jasso).
Wilayah Meksiko ini menanam opium secara ilegal. Namun, para petani opium ini terjerat mafia yang memangkas harga opium hingga tinggal seperlima dari harga rata-rata dua tahun lalu. (REUTERS/Carlos Jasso).
Tentara menghancurkan ladang perkebunan opium ilegal di Sierra Madre del Sur, Meksiko, pada Agustus lalu. (REUTERS/Carlos Jasso).
Aksi mafia tersebut membuat petani hidup sulit, namun penyelundup narkoba top Meksiko menghasilkan miliaran dollar untuk pecandu di Amerika Serikat. (REUTERS/Carlos Jasso).
Di Amerika Serikat, kematian akibat overdosis opioid telah meningkat hampir enam kali lipat dalam dua dekade terakhir. (REUTERS/Carlos Jasso).
Di Amerika Serikat, lebih dari 15.000 orang meninggal karena overdosis heroin pada 2017 lalu. Heroin dari Meksiko menyumbang 86 persen dari heroin yang ditemukan di jalan-jalan AS.(REUTERS/Carlos Jasso).
Jantung penanaman opium ilegal adalah di perbukitan negara bagian Guerrero, di beberapa distrik pegunungan termiskin. (REUTERS/Carlos Jasso).
Ladang opium yang dibumihanguskan oleh tentara.  (REUTERS/Carlos Jasso).