FOTO: Paspampres India Unjuk Kegagahan di Parade Kemerdekaan

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 25/01/2019 16:56 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Berada di belakang pejabat negara dalam kesehariannya, Paspampres India kini menjadi sorotan utama, menunjukkan kegagahannya dalam parade Hari Kemerdekaan.

Selalu berada di belakang pejabat negara dalam kesehariannya, Pasukan Pengaawal Presiden India kini menjadi sorotan utama, menunjukkan kegagahannya dalam parade Hari Kemerdekaan. (AFP Photo/Chandan Khanna)
Dalam gladi resik sehari sebelum pergelaran, Jumat (25/1), pasukan elite tersebut terlihat mengenakan jubah merah dengan ikat pinggang keemasan dan kepala berbalut turban mewah. (AFP Photo/Chandan Khanna)
Nantinya, mereka akan mengawal presiden menuju podium, kemudian memimpin prosesi menyanyikan lagu nasional. (AFP Photo/Chandan Khanna)
Komandan pasukan tersebut mengaku momen tersebut adalah detik-detik paling membanggakan bagi timnya karena upacara itu akan dihadiri para pemimpin negara asing dan disaksikan jutaan warga. (AFP Photo/Chandan Khanna)
Meski nama resmi pasukan ini Paspampres, tapi mereka tak selalu mengemban tugas untuk mengawal presiden. (AFP Photo/Chandan Khanna)
Namun, sebagai pasukan paling elite di India, mereka selalu dikerahkan di pos-pos penting. Untuk dapat bergabung dengan tim ini pun, kandidat harus mengikuti serangkaian tes yang ketat. (AFP Photo/Chandan Khanna)
Setiap tahun, sekitar 10 ribu pemuda mendaftarkan diri untuk menjadi anggota Paspampres, padahal tempat yang tersedia hanya sembilan. (AFP Photo/Chandan Khanna)
Secara fisik, mereka harus memiliki tinggi badan minimal 1,8 meter dengan postur gagah. Dengan penampilan seperti ini, mereka kerap menjadi korban lelucon seksis seperti sebutan “hadiah Tuhan bagi perempuan cantik.” (AFP Photo/Chandan Khanna)