Kebun Binatang London Terbakar, Lima Hewan Hilang

REUTERS, CNN Indonesia | Minggu, 24/12/2017 09:36 WIB
Kebun Binatang London Terbakar, Lima Hewan Hilang Ilustrasi. (ThinkStock/Purestock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seekor beruang semut dan empat ekor meerkat hilang dan diduga tewas dalam bencana kebakaran yang melanda Kebun Binatang London pada Sabtu (23/12) pagi waktu setempat. Selain beberapa kandang hewan, api juga melahap area kafe dan toko suvenir.

Kebakaran pertama kali terlihat dari area Animal Adventure pada pukul 6 pagi waktu London. Api tersebut lalu menyambar area kafe dan toko suvenir.

Sebanyak 70 petugas dari Pemadam Kebakaran London berusaha memadamkan api yang berkobar selama tiga jam. Di saat yang sama, petugas kebun binatang berusaha menyelamatkan hewan-hewan yang masih berada di dalam kandang.


Beruang semut berusia 10 tahun bernama Misha, salah satu binatang kesayangan di kebun binatang yang berada di kawasan Regent’s Park itu menghilang saat api berkobar. Hewan tersebut diduga dilahap api bersama empat ekor meerkat.

“Kami sangat terpukul dengan tewasnya Misha. Hingga saat ini kami masih mencari tahu keberadaan empat ekor meerkat. Namun, lokasi kebakaran saat ini masih ditutup,” kata Direktur Kebun Binatang London, Dominic Jermey, seperti yang dikutip dari Reuters.

“Kami tidak mengetahui apa yang terjadi dengan empat ekor meerkat itu, tapi kami tidak terlalu optimis mengenai keadaannya saat ini,” lanjutnya.

Setelah api padam, Kebun Binatang London diperkirakan akan buka kembali pada Minggu (24/12) waktu setempat.

Kebun Binatang London merupakan salah satu kebun binatang tertua di dunia, karena beroperasi sejak tahun 1826. Sebelum kebakaran, ada 20.166 ekor hewan yang hidup di sana.

Pemadam Kebakaran London mengatakan kalau pihaknya masih menyelediki penyebab kebakaran tersebut.

“Area yang terdampak parah ialah kafe dan toko suvenir, begitu juga dengan area interaksi dengan hewan,” kata juru bicara Pemadam Kebakaran London, David George.

(ard)