Korut Diduga Persiapkan Uji Coba Nuklir Kelima

Amanda Puspita Sari/Reuters, CNN Indonesia | Sabtu, 07/05/2016 15:36 WIB
Korut Diduga Persiapkan Uji Coba Nuklir Kelima Para analis kebijakan luar negeri sudah mempredikasi bahwa kongres ini akan menjadi ajang bagi Kim Jong-un untuk mengadopsi kebijakan byongjin gagasannya. (KCNA/via Reuters)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Utara diduga sedang mempersiapkan peluncuran uji coba nuklir kelima dalam waktu dekat. Perkiraan ini mencuat berdasarkan pengamatan citra satelit di situs uji coba nuklir di negara yang terisolasi itu.

Situs lembaga think tank Amerika Serikat yang mengamati Korea Utara, The 38 North, yang dikelola oleh Johns Hopkins University School of Advanced International Studies, menyatakan
citra satelit menunjukkan pergerakan kendaraan di situs uji coba nuklir "tidak sering terlihat di sana kecuali selama persiapan uji coba [nuklir]."

Terdapat spekulasi yang beredar saat ini bahwa Korut diduga akan meluncurkan uji coba nuklir kelima selama Kongres Partai Pekerja yang berkuasa tengah berlangsung.


Para pakar dari The 38 North menyatakan bahwa citra satelit di situs uji coba nuklir Korut, Punggye-ri, "menunjukkan bahwa Pyongyang mungkin sedang mempersiapkan untuk tes nuklir dalam waktu dekat."

Meski citra satelit tidak menunjukkan adanya aktivitas yang tinggi di situs itu, sejumlah kendaraan terlihat di kawasan Pusat Komando, sekitar 6 km dari situs utama di Punggye-ri.

Bulan lalu, The 38 North melaporkan bahwa citra satelit menunjukkan Korea Utara diduga telah menggali terowongan di Punggye-ri. Kegiatan serupa dengan yang terlihat sebelum uji coba nuklir keempat pada Januari lalu.

Korut kini tengah melangsungkan Kongres Partai Pekerja sejak 6 Mei lalu. Para analis kebijakan luar negeri sudah mempredikasi bahwa kongres ini akan menjadi ajang bagi Kim Jong-un untuk mengadopsi kebijakan byongjin gagasannya.


Seperti dilansir Reuters, byongjin sendiri berarti “tekanan berkelanjutan” yang dalam hal ini maksudnya adalah untuk pembangunan ekonomi dan kemampuan nuklir.  (ama/ama)