CL, dari Putri Profesor Fisika ke Asuhan YG Entertainment

CNN Indonesia | Jumat, 08/11/2019 06:48 WIB
CL, dari Putri Profesor Fisika ke Asuhan YG Entertainment Sebelum dikabarkan hengkang dari YG Entertainment, CL memiliki karier cemerlang baik sebagai leader 2NE1 ataupun solo. (Jamie McCarthy/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama CL mendadak menjadi perbincangan setelah mantan personel 2NE1 ini dikabarkan keluar dari agensi yang telah menaunginya selama lebih dari sedekade terakhir, YG Entertainment. Meskipun pihak agensi membantah hal tersebut.

Lee Chae-rin atau yang lebih dikenal dengan nama panggung CL merupakan mantan leader dari girl group 2NE1. Lahir pada 26 Februari 1991, CL lahir dari keluarga yang berpendidikan, sang ayah diketahui merupakan profesor fisika.

Dilahirkan di Korea Selatan, CL menghabiskan lebih banyak masa kecil di negara lain mengikuti profesi sang ayah.


Beberapa negara yang pernah ditinggali oleh CL adalah Perancis dan Jepang. Ia sempat menetap di Prancis selama 2 tahun untuk menempuh pendidikan seorang diri.

Pada umur 15 tahun, CL mengikuti audisi pada YG Entertainment dan berhasil lolos. Sebelumnya ia juga sempat menjadi trainee dari JYP Entertainment.

Saat menjadi trainee, CL sempat berpartisipasi dalam lagu Big Bang yang berjudul Intro (Hot Issue). Ia dan anggota 2NE1 lainnya juga pernah berkolaborasi dengan Big Bang dalam lagu 'Lollipop' sebelum resmi debut.

Pada 2009, CL akhirnya resmi debut dengan lagu 'Fire' bersama Bom, Sandara Park, dan Minzy. Dengan lagu tersebut, 2NE1 mendapatkan cukup banyak sorotan karena konsep mereka yang unik.

2NE1 yang pernah menjadi wadah kreativitas CL.2NE1 yang pernah menjadi wadah kreativitas CL. (Wikimedia Commons/KOREA.NET)

2NE1 mengukuhkan kepopuleran mereka dengan lagu 'I Don't Care' yang berhasil mendapatkan penghargaan 'Song of the Year' pada Mnet Asian Music Awards (MAMA). Hal ini menjadikan mereka grup rookie pertama yang berhasil membawa pulang daesang di tahun debut.

CL merilis lagu solo pertamanya yang berjudul 'The Baddest Female' pada tahun 2013. Diketahui ia juga turut berpartisipasi dalam pembuatan lagu ini sebagai penulis lirik.

CL memang merupakan salah satu idol K-Pop yang aktif dalam memproduksi lagunya sendiri. Untuk album kedua 2NE1, ia menyumbang tiga lagu yaitu "Crush", "If I Were You", dan "Baby I Miss You". Ia juga menulis lagu solonya yang berjudul "MTBD".

Pada 2014, CL dikabarkan akan melangsungkan debut Amerika dan bekerja sama dengan Scooter Braun. Setahun setelahnya,ia berkolaborasi dengan disjoki Amerika, Diplo, untuk lagu 'Doctor Pepper'. Pada tahun yang sama ia juga merilis single pertamanya yang berjudul 'Hello Bitches'.

CL melakukan debut sebagai artis Hollywood dalam film Mile 22 yang juga dibintangi oleh Mark Wahlberg. Dalam film tersebut, ia memerankan tokoh bernama Queen.

Pada penutupan Winter Olympic di Pyeongchang, CL tampil membawakan lagu "The Baddest Female" dan juga "I Am the Best" dari 2NE1. Dalam acara tersebut ia bertemu dengan presiden Korea Selatan dan Ibu Negara AS, Ivanka Trump.

Setelah 13 tahun bernaung di bawah YG Entertainment, CL dikabarkan tidak memperbaharui kontraknya lagi dan memutuskan untuk berpisah dengan agensi tersebut (7/11). CL diketahui sempat memperbaharui kontrak setelah 2NE1 bubar pada 2016 lalu sebagai artis solo. (kir/end)