Fan Kritik J.K. Rowling soal Hubungan Dumbledore-Grindelwald

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 07:37 WIB
Fan Kritik J.K. Rowling soal Hubungan Dumbledore-Grindelwald J.K. Rowling disebut tak pernah menuturkan kisah antara Albus Dumbledore dan Gellert Grindelwald. (REUTERS/Andrew Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Para penggemar J.K. Rowling ramai-ramai memprotes pencipta karya 'Harry Potter' dan 'Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald', yang pada akhirnya berkembang ke romansa antara tokoh-tokoh utama dari kedua cerita, yaitu Albus Dumbledore dan Gellert Grindelwald.

Dalam sebuah wawancara yang dilansir oleh Aceshowbiz, Rowling mengaku adanya percikan romantisme antara tokoh yang diperankan oleh Jude Law dan Johnny Depp.

"Hubungan mereka sangat dekat. Sangat bergairah, itu adalah hubungan kasih," kata Rowling saat berbincang.


Namun penulis berusia 53 tahun itu lantas mengkonfirmasi bahwa meski kedua karakter itu terkoneksi dengan amat kuat secara seksual, tetapi ia lebih memilih untuk fokus terhadap koneksi emosional mereka.


"Saya tidak begitu tertarik memotret sisi seksualnya, walaupun saya percaya ada dimensi sensualitas dalam hubungan ini. Saya lebih suka merasakan emosi antar mereka," lanjut Rowling.



Ia mengaku, menurut pengamatannya, kaitan emosi antar dua orang adalah yang paling menarik dari sebuah hubungan manusia.

Bagaimanapun, Rowling tetap mendapat kritik dari penggemar yang mempertanyakan mengapa hubungan romantis itu hanya ada di jalan cerita dan tidak masuk ke buku atau film.

"J.K. Rowling telah mengkonfirmasi beberapa karakter di buku-bukunya dan film-filmnya adalah gay kecuali di buku dan film," tulis seorang penggemar di akun @EricDSnider.




"Saya tak suka cara Rowling yang seperti ini. Ia tidak bersikap selayaknya sekutu. Ia memang tidak akan kehilangan apa-apa. Masukkan [kisah] itu dalam cerita atau jangan bicarakan apa-apa sama sekali," kata pengguna @Femme_Queer.



Rowling memang telah mengakui orientasi seksual Dumbledore, namun ia tak pernah menuturkan kisah kasih karakter favorit tersebut. "Saya selalu berpikir Dumbledore adalah gay," katanya dalam sebuah kesempatan untuk pertama kalinya, di New York, 2007 silam. (rea)