Sampingkan Durasi, Oscar Bakal Umumkan Seluruh Nominasi

AP, CNN Indonesia | Sabtu, 16/02/2019 13:58 WIB
Sampingkan Durasi, Oscar Bakal Umumkan Seluruh Nominasi Ilustrasi. (CNNIndonesia/Asfahan Yahsyi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak The Academy of Motion Pictures Arts and Sciences bakal mengumumkan seluruh kategori secara langsung dalam Academy Awards ke-91 pada 24 Februari 2019.

Hal tersebut disampaikan setelah beberapa hari lalu menyampaikan empat kategori yang bakal 'dibuang' dari siaran langsung yakni Cinematography, Film Editing, Makeup and Hairstyling, dan Best Live-Action Short.

"Sembilan hari sebelum penayangan, masih mengutak-atik skrip," cuit the Academy pada Jumat (15/2).


Associated Press melaporkan pihak penyelenggara Oscars tidak menjelaskan lebih lanjut hal itu guna memperpanjag durasi atau tidak.

Sebelumnya empat kategori itu tidak ditayangkan dalam siaran langsung guna menekan durasi menjadi tiga jam.

Langkah itu langsung dikritik keras beberapa pemegang nominasi Oscar seperti Sutradara Roma Alfonso Cuaron dan pembuat film BlacKkKlansman Spike Lee.

The American Society of Cinematographers Rabu lalu juga mengirimkan surat terbuka yang ditandatangani Martin Scorsese, Brad Pitt, dan banyak tokoh lainnya dengan menyatakan hal itu menghina seni sinematik.

"Ketika pengakuan atas penciptaan sinema luar biasa dihilangkan oleh institusi yang seharusnya menjaga itu, kami tak lagi menjunjung tinggi semangat the Academy untuk merayakan film sebagai bentuk seni kolaboratif," isi surat terbuka itu.

The Academy langsung membantah hal itu dan menyatakan terjadi misinformasi. Pihak Academy menyatakan penayangan tahun lalu mendapatkan rating rendah dan memutuskan untuk memotong penayangan menjadi tiga jam.

Rencana ini sebelumnya sudah diutarakan sejak Agustus dan langsung mendapat penolakan dari banyak pihak. Sejumlah tagar bertuliskan #PresentAll24 menggema meminta the Academy menampilkan seluruh 24 nominasi.

The Academy 'sakit kepala' karena banyak hal jelang penyelenggaraan Piala Oscar 2019 pekan depan di Dolby Theatre, Los Angeles.

Hal itu bermula ketika melempar isu membuat kategori baru untuk film populer yang ternyata memicu kemarahan banyak pihak.

Permasalahan berlanjut ketika Kevin Hart yang seharusnya menjadi satu-satunya pembawa acara Oscar tahun ini harus mengundurkan diri akibat cuitannya di Twitter beberapa tahun lalu menyatakan dirinya anti-gay.

Penyelenggara Oscar juga sempat membatasi nominasi lagu terbaik hingga akhirnya semua lagu akan ditampilkan.

Dewan Gubernur the Academy Lois Burwell menyatakan hal itu merupakan proses berkembang. Menurutnya, kadang seseorang harus gagal terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang bisa membuat berhasil.

"Jadi selalu ada kecanggungan tentang seseorang yang pergi, "Oh tidak, itu kesalahan." Tapi kesalahan adalah sesuatu yang Anda pelajari dan kembangkan. " tutur Lois Burwell.

[Gambas:Video CNN]

(chri/ard)