FOTO: 'Peppa Pig' Idola Asal Inggris yang Populer di China

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 14/02/2019 13:53 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Berasal dari Inggris, karakter babi asal Inggris, Peppa Pig yang angkuh namun disukai, kini menjadi tren di China yang baru saja merayakan Tahun Baru Imlek.

Kehadiran Peppa Pig bukannya tanpa kontroversi. Media-media pro pemerintah mengecam kehadiran babi ini sebagai simbol budaya. (Photo by Matthew KNIGHT / AFP) 
Sejak 5 Februari lalu, Peppa tiba-tiba menjadi bintang di China dengan rilisnya film bertajuk 'Peppa Pig Celebrates Chinese New Year'. (Photo by WANG Zhao / AFP) 
Dalam film, Peppa diceritakan merayakan Imlek bersama dua teman baru, yaitu Jiaozi dan Tang yuan. Dalam bahasa Indonesia, Jiaozi artinya pangsit sementara Tang yuan adalah beras ketan berbentuk bola. (Photo by WANG Zhao / AFP) 
Animasi yang mengikuti petualangan sehari-hari Peppa sebagai anak babi berwarna merah muda, bersama keluarganya, jadi sangat populer di kalangan anak-anak di China. (Photo by WANG Zhao / AFP) 
Tahun lalu, sepasang anak kembar Mi Ai dan Mi Ni yang berusia lima tahun membuat video permintaan bertemu Ratu Elizabeth II setelah Peppa mengunjungi sang raja dalam salah satu episode. (Photo by WANG Zhao / AFP) 
Video tersebut menjadi viral, ditonton sembilan juta kali lebih. Dampaknya, pasangan kembar itu diundang untuk minum teh oleh Dubes Inggris di Beijing dan dijanjikan mendapat tur ke Istana Buckingham. (Photo by Greg Baker / AFP) 
Bagi keluarga-keluarga China, Peppa dianggap menyenangkan lantaran mengajari pentingnya cinta dan kerjasama. (Photo by Greg Baker / AFP) 
Fokus cerita animasi Peppa berhasil membuat para ibu di China merasa gembira. Padahal, biasanya mereka sangat ketat terhadap waktu menonton televisi anak-anak mereka. (Photo by Matthew KNIGHT / AFP) 
Dengan cepat, popularitas Peppa melahirkan banyak produksi barang-barang palsu Peppa yang memaksa pemerintah bertindak tegas dengan menarik peredaran berbagai bentuk barang yang tak punya izin resmi. (Photo by Matthew KNIGHT / AFP)