Woody Allen Tuntut Amazon karena Dianggap Ingkar Janji

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 09/02/2019 03:59 WIB
Woody Allen Tuntut Amazon karena Dianggap Ingkar Janji Woody Allen sedang terlibat banyak masalah. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Woody Allen disebut memasukkan gugatan senilai $68 juta atau Rp951 miliar melawan Amazon Studios dengan klaim studio terkait mengingkari perjanjian.

Allen menuntut ganti rugi pada Amazon setelah perusahaan tersebut menolak merilis 'A Rainy Day In New York', padahal film itu telah lama selesai. Dalam gugatan, Amazon disebut pula mempertimbangkan kembali kesepakatan mereka untuk memproduksi tiga film lain bersama Allen.

"Amazon telah mencoba melepaskan tanggung jawab dengan memakai tuduhan tak berdasar berusia 25 tahun melawan Tuan Allen, namun sesungguhnya tuduhan itu telah lama diketahui Amazon (dan publik) sebelum Amazon menyetujui empat perjanjian terpisah dengan Tuan Allen, dan tidak seharusnya menjadi alasan untuk Amazon melanggar perjanjian," ujar gugatan terkait, melansir Variety.


"Tidak ada dasar yang sah untuk Amazon memutuskan kontrak," lanjut pernyataan tersebut.


Aksi hukum itu mengklaim pada Desember 2017, representatif Allen bertemu dengan eksekutif Amazon, Jason Ropell dan Matt Newman. Keduanya mengatakan bahwa perusahaan sedang menanggung 'kerugian reputasi' terkait masalah pelecehan yang melibatkan Harvey Weinstein, serta tuduhan terhadap mantan bos Amazon, Roy Price.

Sebulan kemudian, penasehat Amazon Ajay Patel menyarankan agar rilis 'A Rainy Day In New York' ditunda sampai 2019, masukan yang diterima oleh Allen.

Kini, Allen mengklaim Patel mengirim pemberitahuan pada Juni 2018 untuk mengakhiri empat perjanjian Amazon dengannya, mengatakan bahwa perusahaan terkait sudah tak ingin mendistribusikan film apapun.

Patel disebut tidak memberikan alasan untuk pembatalan itu, namun kemudian perwakilan Amazon menyatakan hal tersebut sebagai akibat dari 'peristiwa yang terjadi kemudian, termasuk tuduhan melawan Tuan Allen, komentar-komentar kontroversialnya dan penolakan talenta-talenta utama untuk bekerja atau berhubungan dengannya [Allen], segala hal yang menggagalkan tujuan perjanjian'.


Sebelumnya, Allen pernah tersandung kasus hukum setelah putri adopsinya, Dylan Farrow menyebut dirinya mengalami penyerangan seksual oleh sang sutradara saat berusia 7 tahun.

Sejauh ini, tak ada tindakan hukum atas tuduhan yang juga selalu dibantah pria 83 tahun itu, sementara investigasi disebut masih dilanjutkan.

'A Rainy Day In New York' adalah film komedi romantis yang dibintangi oleh Timothee Chalamet, Selena Gomez, Elle Fanning dan Jude Law. Menghabiskan bujet $25 juta atau mendekati Rp350 miliar, film itu tampaknya takkan pernah dirilis.

Mengikuti kemudian, Chalamet, Gomez dan dua bintang lain, Mira Sorvino dan Greta Gerwig menyatakan penyesalan atas keterlibatan mereka di film. Chalamet dan Gomez memutuskan menyumbangkan honor yang mereka dapat dari film untuk amal, sementara ibu Gomez mengatakan dirinya telah memperingatkan putrinya untuk tidak mengambil proyek ini. (rea)