Nomine Sutradara 'Bohemian Rhapsody' Ditunda di BAFTA 2019

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 16:14 WIB
Nomine Sutradara 'Bohemian Rhapsody' Ditunda di BAFTA 2019 Sutradara Bryan Singer pun batal jadi nomine BAFTA Awards 2019. (Foto: Kevin Winter/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- BAFTA atau British Academy of Film and Television Arts disebut memutuskan menunda memasukkan Bryan Singer, sutradara film 'Bohemian Rhapsody' dalam nominasi mereka tahun ini, terkait tuduhan pelecehan seksual yang tengah dihadapi Singer.

Bulan lalu, empat orang pria menuduh Singer melakukan pelecehan seksual, termasuk tuduhan seks di bawah umur, menurut majalah Atlantic yang telah menginvestigasi masalah ini selama 12 bulan. Singer telah membantah hal tersebut, mengatakan bahwa artikel itu sebagai 'ketakutan homophobia'.

Sebelumnya, film Bohemian Rhapsody menjadi salah satu nomine kategori Outstanding British Film. Organisasi BAFTA kini memastikan Singer sebagai bagian dari tim film tersebut ditangguhkan, dan menyatakan penangguhan terkait 'berlaku secepatnya'.


"BAFTA menganggap bahwa perilaku yang dituduhkan sepenuhnya tidak dapat diterima dan tidak sesuai dengan nilai-nilai. Hal ini membuat nominasi untuk Tuan Singer ditangguhkan," ujar BAFTA dalam pernyataan resmi, melansir NME.


"BAFTA mencatat penyangkalan Tuan Singer atas tuduhan tersebut. Penangguhan nomine akan berlaku sampai tuduhan [masalah] ini selesai," lanjut pernyataan tersebut.

"BAFTA percaya semua orang mempunyai hak untuk berkarier dalam lingkungan kerja yang profesional dan aman, dan akan terus bekerja sama dengan industri televisi, gim dan film untuk mendapatkan hal ini," ucap BAFTA.

Organisasi Inggris tersebut menjelaskan bahwa film Bohemian Rhapsody bakal tetap menjadi nomine untuk kategori di atas dalam acara penghargaan yang digelar 10 Februari mendatang, juga nama-nama individu yang masuk berbagai nominasi lainnya.

Dalam daftar BAFTA, diketahui bahwa Bohemian Rhapsody berhasil mencatatkan sejumlah nama individu untuk nominasi lain, misalnya Rami Malek di kategori Leading Actor, serta dalam berbagai kategori seperti Cinematography, Editing, Costume Design, Make Up & Hair, dan Sound.


Singer adalah sutradara film Bohemian Rhapsody yang dipecat Fox pada Desember 2017 setelah dirinya tak kembali ke lokasi syuting setelah libur Thanksgiving. Dia lantas digantikan oleh Dexter Fletcher yang menyelesaikan film biopik band Queen itu hingga tuntas.

Baru-baru ini, film yang sama dikeluarkan dari pertimbangan GLAAD Awards setelah tuduhan kepada Singer dipublikasikan. (rea)