Menang DGA, Alfonso Cuaron Makin Berpotensi Raih Oscar

AFP, CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 11:24 WIB
Menang DGA, Alfonso Cuaron Makin Berpotensi Raih Oscar Capaian Alfonso Cuaron di ajang tertinggi bagi sutradara AS, DGA Awards, menjadi peluang besar bagi sineas Meksiko itu menang di Oscar 2019. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara asal Meksiko Alfonso Cuaron mendapatkan kemenangan di ajang penghargaan asosiasi sutradara Directors Guild of America (DGA) berkat filmnya, Roma, pada Sabtu (2/2) malam waktu Amerika Serikat.

Kemenangan tersebut membuat Cuaron memiliki peluang besar meraih piala Oscar 2019, setidaknya pada kategori Sutradara Terbaik.

Bila dirinya berhasil meraih piala Oscar pada 25 Februari nanti, hal itu akan menjadi piala Oscar ketiga dirinya dan kedua untuk kategori Sutradara Terbaik.


Film 'Roma' yang dibuat Cuaron berdasarkan memori masa kecilnya sendiri mendapatkan 10 nominasi pada Oscar 2019, termasuk Sutradara Terbaik dan Film Terbaik.


Dalam pidato kemenangan di DGA, Cuaron menyampaikan terima kasih kepada bintang 'Roma', Yalitza Aparicio dan Marina de Taravia, serta seluruh pemain yang membantunya mewujudkan kenangan tersebut di layar lebar.

"Terima kasih Libo [pekerja domestik yang menjadi inspirasi film ini], ibu saya, dan negara saya, arsitek sesungguhnya dari 'Roma'," kata Cuaron.



Dalam pidato sebelumnya kala diumumkan sebagai nominasi, Cuaron menyorot bahwa ada lebih dari 70 juta pekerja domestik di dunia. Angka itu belum termasuk anak-anak.

"'Roma' adalah kisah salah satu dari mereka," kata Cuaron.

"Ketika kita menjahati mereka, menjelekkan mereka, memanggil mereka kriminal dan pemerkosa, kita mengecilkan diri kita sendiri. Ini bukan soal politik, ini soal kemanusiaan," lanjutnya.


Dalam ajang penghargaan tertinggi bagi sutradara Hollywood tersebut, Cuaron mengalahkan sesama sutradara Meksiko, Guillermo del Toro yang meraih piala Oscar pada tahun lalu berkat 'The Shape of Water'.

Berbicara kepada AFP, Del Toro mengatakan film tersebut "benar-benar luar biasa, sempurna, dan sangat rumit."

Cuaron mengalahkan Spike Lee ('BLACKkKLANSMAN'), Adam McKay ('Vice'), Peter Ferrelly ('Green Book') dan Bradley Cooper ('A Star Is Born').

[Gambas:Instagram]

Dengan kemenangan dalam DGA, Cuaron menjadi sutradara kedua yang mendapatkan piala tersebut berkat kategori Film Berbahasa Asing, setelah Ang Lee melalui 'Crouching Tiger, Hidden Dragon' pada 2000.

Daftar pendek DGA dianggap sebagai penentu arah dari kemenangan Oscar. Pemenang DGA tahun lalu, Guillermo del Toro mendapatkan kemenangan di Oscar dalam kategori sutradara dan film terbaik.

[Gambas:Youtube] (end)