Usai Diprotes, Oscar 2019 Disebut Bakal Tampilkan 5 Lagu

Endro Priherdityo, CNN Indonesia | Jumat, 01/02/2019 13:28 WIB
Usai Diprotes, Oscar 2019 Disebut Bakal Tampilkan 5 Lagu Ilustrasi Oscars. Usai mendapatkan protes karena hanya menampilkan dua lagu, panitia Oscar 2019 kini mengubah keputusan dan akan memunculkan kelima nomine Best Original Song. (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Panitia Piala Oscar 2019 dikabarkan mengubah keputusannya terkait penampilan lagu dalam ajang yang akan diselenggarakan pada 24 Februari mendatang. Kelima nomine kategori Best Original Song disebut akan ditampilkan.

Pihak the Academy selaku penyelenggara sebelumnya membuat keputusan hanya akan menampilkan dua lagu dari lima nominasi, yaitu 'Shallow' dari film 'A Star Is Born' dan 'All the Stars' dari 'Black Panther'.

Namun keputusan tersebut ternyata menghasilkan hujan kritik dan cacian. Kini, Variety menyebut panitia Oscar telah mengubah keputusannya dan menampilkan semua nominasi kategori tersebut.


Pada Jumat (1/2), pihak the Academy mengumumkan bahwa Jennifer Hudson akan menampilkan lagu 'I'll Fight' dari film dokumenter 'RBG'.






Selain itu, dalam kicauan di Twitter, the Academy juga menyebutkan bahwa lagu 'The Place Where Lost Things Go' dari film 'Mary Poppins Returns' akan dibawakan oleh seorang bintang tamu spesial.

Kicauan tersebut menimbulkan spekulasi bahwa yang akan menyanyikannya adalah sang Mary Poppins, Emily Blunt.

Pihak produser ajang Oscar pada pekan lalu mengatakan bahwa keputusan hanya menampilkan dua lagu dalam acara tersebut didasarkan pada durasi acara. Mengingat acara Oscar disederhanakan, maka tidak ada waktu cukup untuk menampilkan kelima lagu tersebut.

Akan tetapi sejumlah sumber dalam mengatakan kepada Variety bahwa penawaran telah diberikan kepada perwakilan tiga lagu lainnya meskipun dalam versi singkat, 90 detik.


Meski disebut sudah memberikan penawaran, masih belum jelas apakah penampil yang terkait dengan lagu-lagu tersebut sudah mendapatkan penawaran untuk membawakan di panggung Oscar selain Jennifer Hudson.

Sumber dalam itu turut mengatakan bahwa para nomine bersepakat di antara mereka bahwa solidaritas menjadi hal penting untuk saat ini, sehingga pilihan dari para musisi tersebut adalah "tampil semua" atau "tidak sama sekali". Namun belum ada yang bisa memberikan kepastian apakah taktik tersebut berhasil menggoyang the Academy.

Variety menyebutkan bahwa pihak the Academy belum memberikan tanggapan terkait kabar tersebut. (end)