Wishnutama Bakal Rayu Turis Mancanegara Datang dengan Rendang

CNN Indonesia | Rabu, 23/10/2019 19:20 WIB
Wishnutama Bakal Rayu Turis Mancanegara Datang dengan Rendang Wishnutama dalam acara sertijab Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif usai pelantikan pada Rabu (23/10). (Dok. Kemenpar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wishnutama Kusubandio yang baru saja terpilih menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 mengatakan Presiden Jokowi juga menitipkan dirinya untuk mengembangkan kuliner Indonesia.

Wishnutama mengatakan bahwa negara-negara tetangga sudah mulai mempromosikan wisata kuliner mereka melalui pembukaan cabang-cabang restoran yang berada di luar negeri.

Ia menyebutkan restoran Thailand sebagai salah satu contoh promosi kuliner yang sudah populer dan sangat mendunia.



Wishnutama melanjutkan bahwa makanan rendang sudah masuk dalam daftar menu di restoran Thailand, bukan Indonesia. Kurangnya restoran Indonesia di luar negeri dapat menjadi salah satu faktor mengapa hal itu bisa terjadi.

Ia mengungkapkan pemikirannya bahwa restoran dapat menambah daya tarik para turis untuk datang berwisata ke Indonesia.

"Kalau teman-teman misalkan ke luar negeri, ke restoran Thailand, ada rendang di situ. Bayangin, menu rendang sudah ada di restoran Thailand. Kita malah ngga ada restorannya," kata Wishnutama di hadapan wartawan usai sertijab dengan Arief Yahya di kantor Kementerian Pariwisata pada Rabu (23/10).

"Nah mungkin itu bisa jadi salah satu cara membuat daya tarik orang datang ke Indonesia melalui makanannya, minuman, dan lain sebagainya," lanjutnya.


Selain pengembangan kuliner Indonesia, Wishnutama juga dititipi pesan untuk memperbaiki kualitas penyelenggaraan festival seni budaya yang selama ini menjadi program Calendar of Events Kementerian Pariwisata di bawah kepemimpinan Arief Yahya.

"Saya harus pelajari dulu soal Calendar of Event. Yang jelas tidak sekedar banyak festival tetapi harus berkualitas, sehingga wisatawan mau kembali lagi," ujar Wishnutama.

"Presiden berpesan pariwisata bisa lebih menarik jika unsur kreatifitasnya juga dikelola. Bukan sekedar alamnya yang bagus, daya tariknya juga harus dibuat," lanjutnya, yang juga mengatakan kalau industri film dan musik akan diikutsertakan dalam pengembangan pariwisata.

(kia/ard)