Cara Ampuh Atasi Cegukan

CNN Indonesia | Kamis, 18/04/2019 17:27 WIB
Cara Ampuh Atasi Cegukan ilustrasi minum air (tookapic/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sandiaga Salahuddin Uno, calon wakil presiden nomor urut 02 sempat menyita perhatian publik. Kali ini bukan karena lomba renang dengan salah satu menteri, gerakan jurus silat atau lipbalm. Dia absen mendampingi Prabowo Subianto dalam konferensi pers pengukuhan kemenangan. 

Ketidakhadirannya ini, dikatakan oleh juru bicara BPN, Ferdinand Hutahaean, bahwa mengalami cegukan terus-menerus dan cukup mengganggu.

Buat Anda yang mengalami cegukan seperti Sandi, ada beberapa tips untuk mengatasi cegukan, dilansir dari berbagai sumber.


1. Teknik pernapasan

Tarik napas dan tahan sekitar 10 detik, kemudian embuskan perlahan. Ulangi sebanyak tiga atau empat kali. Jika diperlukan, ulangi lagi dengan jeda 20 menit. 

Masih berhubungan dengan pernapasan, siapkan kantung kertas. Tanpa menutup kepala dengan kantung, coba bernapas seperti biasa dengan kantung tersebut. 

Jika memungkinkan, tekuk lutut hingga menyentuh dada. Peluk dengan kedua tangan selama sekitar dua menit. 


2. Air hangat atau dingin 

Ada pula cara lain untuk mengatasi cegukan yakni dengan mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Minum air es dengan perlahan. Cara ini bisa menstimulasi saraf vagus. 

Es batu juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi cegukan. Anda bisa mengemut es batu selama beberapa menit. Telan saat es berukuran kecil atau mudah ditelan.

Jika tak ingin menelan es batu, cukup berkumur dengan air es selama 30 detik. Ulangi bila perlu. 

Tak hanya air dingin, menghilangkan cegukan pun bisa dilakukan dengan air hangat. Cukup minum air hangat perlahan tanpa berhenti untuk mengambil napas. 

3. Makan gula

Letakkan sejumput gula pada lidah dan biarkan selama 5-10 menit di mulut. Baru kemudian telan. Anda juga bisa menggunakan madu atau selai kacang. Biarkan meleleh di dalam mulut, baru kemudian ditelan. 


Yang serba asam pun bisa membantu menghilangkan cegukan misalnya, lemon atau cuka. Potong-potong lemon, kemudian tambahkan taburan garam (jika suka). Hisap potongan lemon ini lalu bilas mulut dengan air putih. 


4. Orgasme

Cara ini mungkin tidak biasa tetapi sudah terbukti secara ilmiah. Sebuah studi kasus melibatkan pria yang tak berhenti cegukan selama empat hari. Cegukan pun hilang saat mereka orgasme. 

5. Akupresur

Gerakan menekan pada titik tertentu atau akupresur bisa diterapkan untuk menghilangkan cegukan. 

Julurkan lidah, tekan ujungnya dengan jari dan tarik. Ini dilakukan untuk menstimulasi saraf vagus dan meredakan kejang diafragma. 

Cara lain, tekan diafragma dengan lembut atau tekan kedua sisi hidung saat menelan. Cegukan akan hilang dengan sendirinya.

[Gambas:Video CNN] (els/chs)