7 Pulau untuk Menyaksikan Kehidupan Alam Liar

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 10:56 WIB
7 Pulau untuk Menyaksikan Kehidupan Alam Liar Ilustrasi. (Foto: Jason Auch/Flickr/commons.wikimedia.org)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kegiatan wisata yang terkoneksi dengan alam memiliki banyak 'pintu' untuk dieksplorasi, salah satu kegiatannya adalah menyambangi tempat yang kehidupan alam liarnya masih mendominasi.

Namun tempat yang kehidupan alam liarnya mendominasi, biasanya letaknya terpencil. Pulau-pulau kecil adalah tempat yang tepat untuk melihat burung-burung, pinguin, beruang, dan beberapa spesies fauna atau flora lain hidup dengan tenang.

Mengutip 10best, Senin (25/3), berikut adalah tujuh pulau yang tepat untuk menyaksikan kehidupan alam liar.


Kepulauan Subantartika, Selandia Baru
Terletak di selatan Selandia Baru, kepulauan yang terdiri dari lima pulau kecil ini merupakan rumah bagi beberapa satwa unik. Pulau-pulau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik adalah tempat bersemayamnya penguin endemik dan burung albatros. Subantartika sudah menjadi bagian dari kawasan warisan dunia versi UNESCO.

Pulau Kodiak, Amerika Serikat
Kodiak adalah sebuah pulau yang terletak di kawasan Antartika. Sebagai pulau terbesar kedua di Amerika Serikat, Kodiak adalah rumah bagi sekitar 3.500 ekor beruang coklat. Binatang karnivora ini bisa hidup hingga berbobot 300-an kilogram dan mencapai tinggi tiga meter, di Pulau Kodiak. Berkunjung ke pulau ini tanpa pemandu jelas bukan hal patut dilakukan.

[Gambas:Instagram]

St. Kilda, Skotlandia
Pulau batu yang terbentuk akibat aktivitas volkanik ini terletak di pesisir barat Skotlandia. Sebagai situs warisan dunia UNESCO, St. Kilda adalah rumah bagi burung Puffin Atlantik, dan beberapa spesies burung laut lainnya.

Kepulauan Revillagigedo, Meksiko
Taman Nasional Revillagigedo kerap dijuluki Galapagosnya Meksiko. Tempat ini adalah hunian bagi 366 spesies ikan seperti hiu, lumba-lumba, ikan pari manta, dan sekitar 26 spesies endemik lainnya.

Pulau Coiba, Panama
Tempat ini pernah menjadi lokasi penjara, namun hal itu tidak berlangsung lama. Salah satu hewan ikonik di tempat ini adalah Monyet Howler Coiba yang hidup di kawasan hutan hujan Panama.

[Gambas:Instagram]

Pulau Svalbard, Norwegia
Svalbard terletak di antara Norwegia dan Kutub Utara, jelas tidak mungkin ke tempat ini tanpa persiapan yang matang kecuali bagi beruang kutub yang menjadi penghuni tetap kawasan ini. Tak hanya beruang kutub, Svalbard juga merupakan tempat untuk 12 spesies ikan paus.

Kepulauan Kuril, Rusia
Sekitar 56 pulau yang ada di kepulauan Kuril memiliki pesona yang tidak terbantahkan. Tak hanya itu saja, jika berkunjung ke tempat ini antara bulan Mei dan Juli maka bersiaplah untuk berbagi tempat dengan 70 ribu anjing laut yang sedang sibuk mencari pasangan untuk kawin.

[Gambas:Video CNN] (agr/ard)