Mengoptimalkan Google Translate Saat Piknik ke Luar Negeri

CNN Indonesia | Senin, 25/03/2019 13:22 WIB
Mengoptimalkan Google Translate Saat Piknik ke Luar Negeri Ilustrasi. (Foto: dok. google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bisa dipastikan setiap orang memiliki sebuah destinasi wisata idamannya di luar negeri, entah itu yang jaraknya dekat atau jauh.

Namun terlepas dari urusan jarak, salah satu tantangan yang harus dihadapi saat pergi ke luar negeri adalah bahasa.

Untuk mengatasi masalah ini, sebagian besar orang memilih untuk menggunakan aplikasi penerjemah bahasa yaitu google translate.


Meski terbilang mudah, sayangnya tidak banyak orang yang tahu cara mengoptimalkan aplikasi ini.

Mengutip lifehacker, Senin (25/3), berikut adalah beberapa cara mengoptimalkan google translate saat piknik ke luar negeri.

Unduh bahasa sebelum bepergian

Meskipun negara tujuan memiliki konektivitas internet yang mumpuni, namun sebaiknya tetap unduh bahasa negara tujuan dan bahasa yang dikuasai untuk melancarkan urusan selama berada di negeri orang.

Mengunduh bahasa di google translate bukanlah perkara yang sulit, cukup mencari logo unduh dan tunggu proses selesai.

Gunakan kamera untuk menerjemahkan

Salah satu fitur istimewa yang dimiliki google translate adalah menerjemahkan langsung lewat kamera. Caranya adalah tekan tanda kamera di aplikasi google translate, kemudian arahkan kamera ke menu, papan petunjuk, atau apapun dan seketika bahasa yang tertera akan berubah mengikuti pilihan.

Namun satu kekurangan dari fitur ini adalah tidak cukup bagus dengan huruf yang berukuran besar.

Simpan frasa yang sekiranya sering dibutuhkan

Jika merasa membutuhkan frasa yang bisa membantu selama di luar negeri, namun ingatan cukup lemah untuk mengingatnya, sebaiknya gunakan fasilitas dari google translate untuk menyimpan frasa tersebut. Caranya cukup tekan tanda bintang yang ada di layar.

Jangan mudah percaya

Meskipun google translate sangat membantu dan memudahkan dalam menerjemahkan banyak hal, namun jangan pernah menerjemahkan hal yang sangat penting dengan aplikasi ini. Karena suka atau tidak, eror pasti akan singgah.

Contoh nyatanya adalah jangan menggunakan google translate jika ingin menerjemahkan resep obat, sebaiknya tanyakan kepada petugas kesehatan yang bisa menerjemahkan dengan baik.

(agr)