Menikmati Debur Air Terjun Segenter di Lombok

ANTARA, CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 15:35 WIB
Menikmati Debur Air Terjun Segenter di Lombok Ilustrasi. (Foto: ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)
Jakarta, CNN Indonesia -- Objek wisata di Pulau Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tak hanya melulu soal pantai yang indah atau pulau-pulau kecil yang akrab disebut Gili. Salah satu objek wisata alam yang ada di pulau Lombok adalah air terjun.

Salah satunya adalah air terjun Segenter dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa, yang kini dikelola oleh UPT dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB.

Kawasan tahura yang sudah dikukuhkan sejak Tahun 2013 itu berada di Dusun Kumbi, daerah pedalaman dari Desa Pakuan, Kabupaten Lombok Barat, NTB.


Dengan konsep bentangan alam yang mempertahankan fungsi hutannya, destinasi wisata ini sangat cocok bagi wisatawan yang gemar dengan kegiatan "outdoor adventure".

"Untuk yang hobi hiking, berkemah, itu cocok di sini. Areal perkemahan dan rute untuk hiking juga sudah ada," kata seorang pemandu wisata yang berasal dari Desa Pakuan, Eka, seperti yang dikutip dari Antara, Rabu (20/2).

Ikon wisata dengan luas kawasan 3.155 hektare, ternyata di dalam Tahura Nuraksa ini tersembunyi sebuah destinasi wisata alam yang cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Untuk menuju ke air terjun, wisatawan bisa mengaksesnya dengan melewati jalur rabat setapak yang lebarnya mencapai dua meter. Bisa dengan berjalan kaki atau pun menggunakan kendaraan roda dua.

Bahkan sekitar 700 meter jalur setapak dari halaman lapang Tahura Nuraksa, kondisinya sudah beraspal.

Sedangkan menikmati deburannya, wisatawan harus sedikit menantang adrenalinnya dengan menuruni tebing terjal dengan 154 anak tangga yang tapak terakhirnya akan langsung disuguhkan dengan areal air terjun Segenter.

Untuk menuju tempat ini, hanya diperlukan waktu berkendara sekitar setengah jam dari Kota Mataram, sebelum bertemu dengan gerbang Tahura Nuraksa.

Jika mengenal kawasan wisata Hutan Sesaot, jalur ke Tahura Nuraksa dapat ditempuh dengan berkendara sekitar sepuluh menit ke arah Timur.

[Gambas:Video CNN] (agr)