Salam Perpisahan Dunia Mode untuk Karl Lagerfeld

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 21:51 WIB
Salam Perpisahan Dunia Mode untuk Karl Lagerfeld Karl Lagerfeld (AFP PHOTO / PATRICK KOVARIK)
Jakarta, CNN Indonesia -- Desainer legendaris Karl Lagerfeld meninggal dunia di usia ke-85 tahun pada Selasa (19/2). Dunia mode ikut berduka atas kepergian salah satu perancang yang ikonis.

"Dengan sangat sedih House of Chanel mengumumkan meninggalnya Karl Lagerfeld, Direktur Kreatif untuk CHANEL Fashion House sejak 1983," tulis pernyataan resmi Chanel.

[Gambas:Instagram]


Lagerfeld terkenal dengan karya-karya cemerlang, elegan, dan penuh sentuhan kreatif. Sosok di balik label besar Chanel dan Fendi ini bahkan disebut tak tertandingi soal ide segar untuk tata peragaan busana. 

Dalam show Chanel jadi bagian paling ditunggu. Dia menghadirkan kabin pesawat, air terjun, pantai di tengah kota, sampai restoran ke atas panggung show. Sentuhan tangan Lagerfeld ini membuatnya dekat dengan banyak orang dan jadi sosok inspiratif di dunia mode.

Rekan-rekannya di Chanel pun kehilangan sosok Lagerfeld yang penuh imajinasi dan kreativitas.

CEO Chanel, Alain Wertheimer juga mengungkapkan kesedihannya kehilangan sosok Lagerfeld.

"Berkat kejeniusan kreatifnya, kemurahan hati dan intuisi yang luar biasa, Karl Lagerfeld adalah yang terdepan di masanya, yang banyak berkontribusi pada kesuksesan House of CHANEL di seluruh dunia. Hari ini, bukan saja saya kehilangan seorang teman, tetapi kita semua telah kehilangan pikiran kreatif yang luar biasa kepada siapa saya memberi carte blanche pada awal 1980-an untuk menciptakan kembali merek Chanel," katanya.

Tak ketinggalan Bruno Pavlovsky, Presiden Fashion di CHANEL mengungkapkan kehilangannya.

"Peragaan busana satu demi satu, koleksi demi koleksi, Karl Lagerfeld meninggalkan jejaknya pada legenda Gabrielle Chanel dan sejarah House of CHANEL. Dia dengan mantap mempromosikan bakat dan keahlian para ateliers dan Métiers d'Art di Chanel, memungkinkan keahlian luar biasa ini bersinar di seluruh dunia. Penghargaan terbesar yang dapat kita bayarkan hari ini adalah untuk terus mengikuti jalan yang dilacak olehnya - mengutip Karl - 'terus merangkul masa kini dan menciptakan masa depan."

Tak cuma rekan kerja di Chanel, Lagerfeld juga mendapatkan salam perpisahan dari para desainer yang mengidolakannya.

Penyanyi sekaligus perancang busana Victoria Beckham menyebut Lagerfeld merupakan sosok yang genius.

"Sangat sedih mendengar kabar ini. Karl adalah orang yang genius dan selalu baik pada saya secara personal maupun profesional," kata istri David Beckham ini melalui unggahan di Instagramnya.

[Gambas:Instagram]

Perancang busana asal Italia Donatella Versace juga menyampaikan duka lewat unggahan di Instagram. Dia mengaku terinspirasi dari sentuhan genius Lagerfeld.

"Karl sentuhan geniusmu menyentuh banyak orang terutama Gianni dan Saya. Kami tidak akan lupa talenta dan inspirasimu. Kami selalu belajar darimu," ucap Donatella.

[Gambas:Instagram]

Model kini juga merintis karier sebagai perancang Alexa Chung juga mengenang kebersamaannya bersama Lagerfeld.

"Saya ingat ketika saya takut untuk mewawancarai Anda tapi faktanya dia jenaka dan murah hati," kata Chung.

[Gambas:Instagram]

Kepala dan CEO LVMH Bernard Arnault juga turut berbelasungkawa.

"Kami telah kehilangan sosok genius da kreatif yang membantu menjadikan Paris ibukota mode dunia dan Fendi salah satu rumah Italia paling inovatif. Kami berutang banyak padanya: selera dan bakatnya adalah yang paling luar biasa yang pernah saya kenal," kata Arnault dikutip dari WWD. 

CEO Kering Francois-Henri Pinault yang menaungi label-label mewah seperti Gucci, Yves Saint Laurent, dan Balenciaga merasa kehilangan sosok pria yang penuh semangat seperti Lagerfeld.

"Dengan sangat sedih saya mengetahui kabarmeninggalnya Karl Lagerfeld, seorang pria berkualitas, dengan semangat hidup tinggi, kecerdasan, dan budaya yang luar biasa," ungkap Pinault.

Olivier Rousteing (desainer Balmain): Kami akan selalu mencintaimu, Monsieur!

Marc Jacobs: Terbangun di sebuah dunia tanpa Karl. Sedih, dan aneh. Ia adalah sebuah inspirasi besar bagiku.
 
Pietro Beccari, CEO Christian Dior Couture:
 
"Karl memiliki kemurahan hati yang besar dengan orang-orang yang ia cintai. Kami merasa terhormat telah bertemu dengannya di jalan hidup kami dan merasa sangat terhormat untuk menjadi temannya.

Kesedihan besar tidak akan, dengan cara apa pun, menghilangkan kenangan dan momen luar biasa yang kami bagi bersama," katanya.

"Bagaimana melupakan pertunjukan Haute Couture pertama dari Fendi di Paris, pertunjukan Trevi Fountain dan matanya saat pertama kali memasuki kantor baru kami di Palazzo della Civiltà. Dia adalah seorang yang besar dan saya tidak berpikir akan ada orang seperti dia lagi.

Dia meninggalkan celah kosong yang sangat besar di dunia mode dan kami akan sangat merindukannya."
 
Alber Elbaz: Dunia ini tidak akan sama tanpamu. Terima kasih atas semua yang pernah kau berikan bada kami semua. Dunia akan merindukanmu. 


Tommy Hilfiger: 

[Gambas:Instagram] (ptj/fan/chs)