Makanan-makanan Berjamur yang Masih Bisa Dikonsumsi

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 07:58 WIB
Makanan-makanan Berjamur yang Masih Bisa Dikonsumsi Ilustrasi makanan berjamur (Istockphoto/kaczor58)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perdana Menteri Inggris Theresa May punya kebiasaan unik. Dia mengaku tak pernah membuang selai berjamur seluruhnya. May hanya membuang bagian yang berjamur dan tetap mengonsumsi bagian yang bersih.

Kebiasaan May ini jelas memunculkan beragam respons. Ada yang menilai bahwa apa yang dilakukan May terasa menjijikan. Tapi, ada pula yang menganggapnya sebagai gerakan penghematan sekaligus mengurangi makanan yang dibuang.

Wajar, sebab jamur pada selai dapat menjadi tempat mengendapnya mikotoksin atau zat beracun. Departemen Pertanian Amerika Serikat menyarankan untuk membuang selai yang sudah berjamur.


Terlepas dari polemik soal selai berjamur, ada sederet makanan yang diketahui masih aman saat dikonsumsi meski sudah berjamur.

Berikut mengutip The Independent, ragam makanan yang bisa Anda konsumsi meski sudah berjamur.

1. Daging keras dan ham kering
USDA menyebut bahwa sangat normal ketika ada daging keras dan ham kering berjamur saat disimpan dalam suhu kamar. Kedua jenis makanan ini aman dikonsumsi saat jamur pada permukaannya sudah dikikis.

2. Keju keras
Jenis keju keras seperti parmesan dan grana padano juga aman dikonsumsi meski berjamur di permukaan. USDA mengatakan, jamur pada permukaan tidak bisa menembus keju yang keras.

Cara memanfaatkan keju berjamur ialah dengan memotong sekitar satu sentimeter dari bagian yang berjamur. Pastikan pisau tidak berkontak dengan jamur.

Jika ingin disimpan kembali, tutup dengan plastik pembungkus dan simpan dalam suhu 1-7 derajat Celcius. Idealnya, simpan keju keras di rak paling bawah kulkas.

Ini berbeda dengan keju lembut seperti brie dan camembert. Sedikit saja jamur, maka keju tak layak lagi untuk dikonsumsi.

3. Keju dari jamur
Selain keju keras, keju lain yang masih layak dikonsumsi walau berjamur adalah keju berbahan dasar jamur. Jenis gorgonzola, stilton, dan roquefort diolah dari jamur.

Jamur yang muncul dalam keju jenis ini menjadi proses pematangan jamur dan aman untuk dikonsumsi.

4. Buah dan sayuran padat
Beberapa jenis sayur dan buah terbilang aman dikonsumsi meski sudah tidak segar atau berjamur.

Mengutip laman Love Food Hate Waste, jamur pada makanan bertekstur keras dan rendah kandungan air terbilang aman. Anda hanya tinggal membuang bagian yang berjamur setidaknya sebanyak satu sentimeter. (els/asr)