4 Cara Memanfaatkan Jahe sebagai Skincare

CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 15:20 WIB
4 Cara Memanfaatkan Jahe sebagai Skincare Ilustrasi jahe (matczysko/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jahe bukan sekadar penyedap makanan atau minuman penghangat tubuh. Rempah-rempah satu ini juga bisa dimanfaatkan menjadi skincare untuk perawatan wajah.

Jahe memiliki sifat menghangatkan dan menyegarkan yang baik untuk kulit dan wajah. Jahe dapat merangsang kulit, meningkatkan aliran darah, dan memberikan efek pemanasan untuk membersihkan kulit.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memanfaatkan jahe sebagai skincare. Anda dapat menerapkannya di rumah sebagai skincare alami dan murah meriah.


Berikut cara memanfaatkan jahe menjadi skincare.

1. Pembersih wajah
Jahe dapat dimanfaatkan untuk membersihkan wajah. Dikutip dari situs kesehatan Live Strong, pembersih wajah dari jahe dapat dibuat dengan memarut jahe yang sudah dikupas sebanyak 2 sendok makan (sdm) dan masukkan dalam mangkuk kecil.

Tambahkan 3 sdm madu sehingga khasiat pembersih wajah ini semakin banyak. Madu dapat mengurangi peradangan dan meluruhkan sel kulit mati.

Tuangkan setengah cangkir gliserin sayuran dalam campuran jahe dan madu. Gliserin dapat melembapkan kulit. Tambahkan pula 2 sdm sabun cair nabati. Lalu, masukkan racikan dalam wadah atau botol.

Racikan ini dapat digunakan sebagai sabun pembersih wajah dengan cara menuangkan sedikit campuran jahe ke tangan, lalu gosok lembut ke kulit wajah. Bilas dengan air dan keringkan.

2. Masker Jahe
Jahe dapat membuat kulit cerah dan bercahaya. Untuk mendapatkan manfaatnya, jahe bisa diolah menjadi masker.

Caranya, tuangkan 1 sdm jahe yang sudah dijus. Campurkan dengan 2 sdm air mawar dan setengah sdm madu. Aduk rata dan oleskan merata ke seluruh wajah.

Biarkan racikan ini meresap ke dalam kulit selama 20 menit lalu bilas dengan air.

3. Scrub jahe
Selain masker, khasiat jahe juga bisa dirasakan dengan scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit wajah.

Scrub jahe ini dapat dibuat dengan mencampur 1 sdm jahe bubuk dengan 2 sdm minyak zaitun dan 4 sdm gula merah. Aduk racikan secara merata.

Aplikasikan scrub jahe ini pada kulit wajah yang basah sambil digosok lembut lalu bilas dengan air sampai bersih.

4. Penghilang bekas luka
Jahe dapat menyamarkan dan menghilangkan bekas luka karena memiliki antioksidan. Sifat antioksidan jahe membantu mengurangi pigmentasi ini untuk membuat warna kulit merata.

Cara membuatnya cukup mudah tanpa perlu tambahan bahan lain. Dikutip dari Rewardme, potong seiris jahe dan gosokkan ke bagian kulit yang luka. Biarkan air yang keluar dari jahe mengiring secara alami lalu bilas bersih.

Ulangi cari ini 2-3 kali sehari sampai bekas luka menghilang. (ptj/asr)


BACA JUGA