Itinerari Liburan Dua Hari di Amsterdam

Advertorial, CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 00:00 WIB
Itinerari Liburan Dua Hari di Amsterdam Amsterdam (Foto: Shutterstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketika mendengar Kota Amsterdam pasti yang pertama kali muncul di pikiran adalah banyaknya sepeda melintas di setiap jalan, kincir angin, dan perumahan yang diselipi berbagai macam kanal. Ibu kota Negeri Belanda ini memang banyak sekali diselimuti oleh kanal-kanal, 'rumah' bagi beberapa karya seni paling terkenal di dunia, dan bekas pusat kerajaan perdagangan global.

Mungkin terlintas serupa dengan Venesia, tapi Amsterdam bisa menjadi sebuah destinasi yang tepat jika ingin menyaksikan percampuran budaya yang sangat kental. Lupakan sejenak Red Light District, salah satu destinasi Negeri Belanda ini layak mendapat perhatian karena kekayaan tempat-tempat wisatanya.

Amsterdam dapat menjadi one-stop destination yang sempurna untuk melepaskan penat akan pekerjaan yang selalu menumpuk setiap harinya. Jika Anda hanya memiliki waktu terbatas untuk pelesiran, Amsterdam dapat dijelajahi hanya dengan memadatkan waktu. Sehingga dua hari merupakan waktu yang cukup untuk menggali apapun tentang Amsterdam.


Hari Pertama

Pagi
Itinerari Liburan Dua Hari di Amsterdamde Oude Kerk (Foto: Shutterstock)
Pusat bersejarah Amsterdam diselimuti oleh berbagai bangunan di kota, de Oude Kerk. Gereja ini merupakan tempat yang tepat untuk mendalami sejarah yang telah berdiri di Amsterdam selama lebih dari 800 tahun. Saat ini, de Oude Kerk aktif sebagai pusat budaya dan secara teratur menyelenggarakan pameran hingga konser.

Awali pagi dengan sarapan sambil menikmati secangkir kopi panas yang berada di kawasan gereja tersebut. Beberapa kedai kopi di sana juga menyajikan roti dan kopi yang lezat mulai pukul 10.00 dan seterusnya.

Siang

Siang hari Anda dapat melihat jalur kanal abad ke-17 Amsterdam yang mengitari sekitar pusat kota dan berada dalam jarak yang sangat dekat dari de Oude Kerk. Banyak tur yang menyediakan kapal pesiar di kanal-kanal sehingga memungkinkan Anda melihat lebih banyak tentang sejarah menarik di Amsterdam.

Sore

Menjelang sore hari, Anda dapat mengunjungi Amsterdam Oost yang menampilkan panorama menarik untuk diabadikan. Tempat tersebut berada di bawah pusaran kincir angin yang dikenal dengan nama Brouwerij 't IJ. Kawasan ini akan membuat Anda ingin mengistirahatkan badan sejenak dengan membuka botol minuman ringan atau sekedar menyeduh kopi hangat.

Malam

Dari Brouwerij 't IJ, lakukanlah perjalanan singkat ke ke Plantage yakni sebuah lingkungan hijau di perbatasan timur Amsterdam-Centrum. Tempat tersebut merupakan sebuah alun-alun yang sering dipenuhi dengan ragam acara menarik. Untuk makan malam dan seteguk minuman hangat, singgahlah di Café-Restaurant Plantage, brasserie terbuka yang berhadapan dengan kebun binatang.

Hari Kedua

Pagi

Selama beberapa tahun terakhir, lingkungan de Pijp Amsterdam telah menjadi surga bagi para pecinta kuliner karena memiliki banyak restoran. Apalagi restoran tersebut menawarkan berbagai menu nikmat untuk disantap. Untuk mendapatkan sajian yang mewah dengan balutan desain chic dan kopi nikmat, Anda bisa mengunjungi Kedutaan Skandinavia di Sarphatipark.

Siang
Itinerari Liburan Dua Hari di AmsterdamMuseumplein Amsterdam (Foto: Shutterstock)
Kunjungilah Museumplein Amsterdam yang terletak di luar de Pijp. Spot ini menampilkan banyak lembaga budaya utama Amsterdam termasuk Rijksmuseum, Stedelijk, dan Museum Van Gogh. Anda perlu memutuskan terlebih dahulu museum mana yang harus dikunjungi karena koleksi mereka sangat banyak.

Sore

Untuk merasakan nuansa beberapa arsitektur modern lokal, Anda bisa pergi ke barat melalui Vondelpark menuju Overtoom atau Kinkerstraat. Jalanan di perumahan ini sangat indah dan menampilkan banyak bangunan menawan. Di Kinkerstraat, berhentilah di de Hallen dan lihatlah pujasera yang luas di mana banyak ahli kuliner lokal menjual kreasi makanan mereka.

Malam

Nikmati santap malam yang nikmat di de Hallen sebagai penutup hari di Amsterdam. Ada banyak tempat menarik di sekitar de Hallen, termasuk Kevin Bacon Bar yang menyajikan cocktail dan makanan khas Thailand yang lezat atau Waterkant on Singelgracht yang dapat menutup malam dengan sempurna.

Itulah itinerariselama dua hari penuh pesona di Amsterdam. Perlu Anda ingat, harga tiket pesawat ke luar negeri cukup menguras dompet. Namun hal tersebut tidak akan terjadi bila Anda terus mengecek Traveloka yang terkadang memberikan harga tiket pesawat promo 2019. Jadi Anda akan menikmati indahnya dua hari berada di kota Amsterdam. Selamat berlibur! (adv/adv)