Lokasi Terbaik untuk Melihat Cahaya Selatan

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 19:03 WIB
Lokasi Terbaik untuk Melihat Cahaya Selatan Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Alexander Kuznetsov)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukan cuma Cahaya Utara, pesona Cahaya Selatan juga diidam-idamkan oleh para wisatawan dari seluruh penjuru dunia, khususnya mereka yang berasal dari negara beriklim tropis.

Cahaya Selatan adalah 'saudara sepupu' Cahaya Utara. Fenomena langit ini bisa disaksikan di bumi belahan selatan. Mengutip Smithsonian Mag, berikut adalah lokasi terbaik untuk melihat Cahaya Selatan:

Queenstown, Selandia Baru


Sebenarnya ada beberapa tempat untuk melihat eksotisme  Cahaya Selatan di Selandia Baru, seperti kota Christchurch, kota kecil di dekat Danau Tekapo, atau Pulau Stewart. Namun lokasi yang kerap menjadi tujuan utama para wisatawan adalah Queenstown.

[Gambas:Instagram]

Gunung Wellington, Tasmania

Silakan saja tanyakan para pemburu Cahaya Selatan tentang tempat terbaik menyaksikan keajaiban alam ini, bisa dipastikan jawabannya adalah Gunung Wellington di Tasmania. Sedangkan waktu terbaik untuk menyaksikannya adalah bulan Maret, khususnya saat malam sedang dalam kondisi nyaris gelap sempurna.

[Gambas:Instagram]

Victoria, Australia

Selain Tasmania, salah satu daerah yang akrab bagi para pemburu  Cahaya Selatan adalah Victoria. Saat kondisi sedang mendukung, ada lebih dari seribu tempat di Victoria untuk melihat Aurora yang terbentang di pantai sepanjang 1.900 kilometer.

[Gambas:Instagram]

Antartica dan Pulau Georgia Selatan

Sangat jarang orang yang berburu Cahaya Selatan sampai ke tempat ini. Namun bagi para 'ekstrimis' tempat ini adalah yang terbaik. Keheningan dan minimnya polusi, baik cahaya dan udara, menjadi poin penting yang disajikan di tempat ini. Namun musuh satu-satunya sekaligus yang terberat adalah udara dingin yang menusuk.

[Gambas:Video CNN]

(agr/ard)