Menebak Manfaat Terong untuk Kesehatan

CNN Indonesia | Selasa, 12/02/2019 15:25 WIB
Menebak Manfaat Terong untuk Kesehatan ilustrasi terong (olgakr/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terong selama ini dianggap sebagai sayuran yang nikmat ditumis atau dimakan sebagai lalapan. Padahal, secara teknis terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji.

Namun, terserah saja dianggap sebagai sayur atau buah, yang jelas terong memiliki nutrisi tinggi dan manfaat yang baik untuk kesehatan. Beragam varietas terong baik dari segi warna maupun ukuran menawarkan banyak khasiat bagi tubuh.

Terong merupakan makanan padat nutrisi yang mengandung banyak vitamin, mineral, serat, dan beberapa kalori.




Berdasarkan data dari Health Line, satu porsi terong memiliki berat sekitar 82 gram (gr). Di dalamnya mengandung 20 kalori, 5 gr kalori, 3 gr serat, dan 1 gr protein. Terong juga kaya akan mangan, folat, kalium, serta vitamin K dan C. Selain itu, terong mengandung sejumlah kecil niasin, magnesium, dan tembaga.

Kombinasi nutrisi dalam terong membuatnya memiliki banyak khasiat.

Berikut manfaat terong untuk kesehatan.

1. Kaya antioksidan
Ragam vitamin dan mineral dalam terong membuatnya memiliki antioksidan yang tinggi. Terong kaya akan antosianin, pigmen dengan sifat antioksidan tinggi.

Antioksidan ini dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh zat berbahaya seperti radikal bebas. Penelitian menunjukkan antioksidan ini dapat mencegah berbagai penyakit kronis.

2. Kesehatan jantung
Kandungan serat, kalium, vitamin C, B6, dan fitonutrien dalam terong bermanfaat untuk kesehatan jantung. Berdasarkan studi yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, antosianin dalam terong juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung.


Seperti dikutip dari Medical News Today,  orang yang mengonsumsi sayur atau buah yang mengandung antosianin lebih dari tiga porsi per minggu memiliki risiko penyakit jantung 34 persen lebih rendah dibanding yang tidak.

3. Mencegah kanker
Terong mengandung beberapa zat yang dapat melawan sel kanker salah satunya SRG. Penelitian menunjukkan senyawa SRG dapat membantu mengurangi sel kanker.  SRG juga efektif melawan kanker kulit ketika diaplikasikan langsung ke kulit.

Studi analisis menemukan buah seperti terong dapat meningkatkan perlindungan terhadap kanker pankreas, lambung, kolorektal, kandung kemih, serviks, dan payudara.

4. Mengontrol gula darah
Terong dapat mengontrol gula darah karena tinggi serat dan dapat melewati sistem pencernaan dengan baik. Serat dapat menurunkan gula darah dengan memperlambat laju pencernaan dan penyerapan gula dalam tubuh. 

Penyerapan yang lebih lambat dapat menjaga kadar gula darah menjadi stabil dan mencegah dari lonjakan. Studi juga menunjukkan polifenol dalam terong dapat mengurangi penyerapan gula dan meningkatkan sekresi insulin.

5. Kesehatan tulang
Terong baik untuk orang yang berisiko tinggi mengalami degradasi tulang dan osteoporosis. Senyawa fenolik dalam terong dapat mengurangi gejala osteoporosis dan meningkatkan kepadatan mineral tulang.

Dikutip dari Organic Facts, terong juga memiliki sejumlah besar zat besi dan kalsium yang baik untuk tulang. (ptj/chs)