Menyontek Menu Makanan Jonatan Christie dan Anthony Ginting

CNN Indonesia | Minggu, 10/02/2019 13:31 WIB
Menyontek Menu Makanan Jonatan Christie dan Anthony Ginting Jonatan Christie (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak cuma olahraga yang membuat tubuh sehat dan penuh energi. Makanan sehat dan bergizi penting untuk energi.

Bintang dan atlet bulu tangkis Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting membuktikan bahwa menjaga makanan sehat dan olahraga adalah dua hal yang sangat berhubungan. Namun untuk punya stamina kuat seperti Jojo dan Ginting - panggilan akrab keduanya- mereka merekomendasikan menu makanan sehat yang dapat Anda terapkan sehari-hari. 

Menu makanan ini dapat menunjang energi untuk beraktivitas sehari-hari. Berikut rekomendasi menu makanan sehat dari Jonatan Christie dan Anthony Ginting.



1. Sarapan
Jonatan dan Ginting rutin sarapan di pagi hari untuk mengisi asupan energi sebelum latihan di Pelatnas PBSI Cipayung. Mereka biasa sarapan pukul 07.00 WIB.

Sereal atau roti dan buah potong merupakan menu favorit tunggal putra andalan Indonesia ini. Menu makanan yang tidak terlalu berat ini dipilih agar dapat latihan dengan baik.

"Rata-rata sarapan sereal dan buah potong. Supaya enggak terlalu ganggu pas latihan banyak gerak dan loncat," kata Ginting kepada media dalam peluncuran Good to Go di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Anthony GintingFoto: ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Anthony Ginting


2. Makan siang
Setelah latihan usai, Jonatan dan Ginting akan mengisi energi dengan makan siang. Asupan nutrisi yang lengkap jadi menu makan siang. Komposisi menu makanan itu sudah diatur oleh ahli gizi di PBSI. Menu itu terdiri dari karbohidrat, protein, lemak dan serat.

Menurut Ginting, menu yang disajikan itu sama seperti menu makanan pada umumnya, tapi dengan porsi yang lebih besar mengingat kebutuhan kalori yang lebih banyak sebagai seorang atlet. Makanan ini juga tidak mengandung penyedap tambahan.

"Makan siang hampir sama ya dengan yang lain, cuma porsinya beda dari orang biasa karena kalori yang dibutuhkan lebih banyak. Dan anti MSG makanannya," ucap Ginting, juara Indonesia Master 2018.

Secara khusus, Jonatan mengungkapkan ia mengonsumsi karbohidrat berupa nasi sebanyak 200 gr. Nasi itu merupakan gabungan dari nasi merah dan nasi putih.

"Nasinya biasa ada yang 150 gr dan 200 gr. Nasinya dicampur merah dan putih. Jangan, semuanya nasi putih," tutur Jonatan.

Dokter ahli gizi Juwalita Surapsari  menjelaskan nasi merah mengandung serat yang baik untuk tubuh dan pembakaran kalori.

"Kalau karbohidrat yang berserat, karbohidratnya melepas gula pelan-pelan. Sehingga membuat lebih berenergi dan terhindar dari kantuk," ujar Juwalita.


3. Makan malam
Di malam hari, Jonatan dan Ginting akan mengurangi asupan nasi. Makanan itu diganti dengan makanan yang lebih bernutrisi seperti salad dan smoothie bowl. 

"Kalau malam nasi dikurangi diganti salad atau smoothie," ungkap Jonatan 'Jojo' Christie yang merupakan peraih medali emas di Asian Games 2018.

Dua menu makanan ini merupakan kombinasi sayur dan buah-buahan yang kaya serat dan mikronutrien.

Juwalita menyebut pola makanan sehat para atlet ini dapat ditiru dengan mencontoh jenisnya tapi tidak dengan porsi makanannya. Pasalnya kebutuhan atlet berbeda dibandingkan aktivitas fisik orang biasa. 

Orang dewasa normal membutuhkan sebanyak 1.800-2.100 kalori. Sedangkan atlet dapat mencapai 2.500-3.000 kalori.

"Buat atlet lebih besar aktivitasnya jadi porsinya lebih besar. Tapi, pada prinsipnya hampir sama dan bisa dicontoh," ucap Juwalita. (ptj/chs)