Memiliki Pulau Pribadi Tak Seindah yang Dibayangkan

CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 20:20 WIB
Memiliki Pulau Pribadi Tak Seindah yang Dibayangkan Ilustrasi. (Wikimedia Commons/Tanti Ruwani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Uang bisa membeli segalanya, kecuali kebahagiaan. Namun jika rasa bahagia muncul dari rasa memiliki pulau pribadi, maka uang bisa membelinya.

Aktor Leonardo DiCaprio, pebisnis Richard Branson dan penyanyi Shakira diketahui memiliki pulau pribadi. Bukan cuma selebriti atau figur publik, orang biasa yang memiliki kelebihan dana bisa ikut memilikinya.


Bagi yang sudah kebelet ingin memiliki pulau pribadi bisa mengecek informasinya melalui situs Private Islands, Inc.


Dari penelusuran CNNIndonesia.com pada Kamis (7/2), pulau-pulau kecil dari Fiji sampai Kanada masuk dalam daftar dijual dan disewakan.

Sebagai contoh, Pulau Loud dekat Danau Huron di Michigan, Amerika Serikat, bisa dibeli dengan harga US$3,2 juta (sekitar Rp44 miliar).

Untuk Indonesia sendiri pulau yang masuk dalam daftar penjualan ialah Pulau Tojo Una Una di Sulawesi Tengah serta 'sepetak tanah' di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Sementara yang masuk dalam daftar penyewaan antara lain Pulau Macan di Kepulauan Seribu dan Pulau Joyo di Kepulauan Riau.

Namun tidak diketahui daftar harga untuk 'menu' pulau-pulau tersebut.

Stacy Fischer Rosenthal dari perusahaan akomodasi wisata mewah Fischer Travel Enterprises, mengatakan kalau pulau-pulau yang dijual sebenarnya tak semahal yang dikira, namun biaya paling besar ialah untuk membangun fasilitas dan layanan di dalamnya.

"Tak semua pulau berharga mahal. Meski demikian, pembangunan dan perawatan memakan biaya yang sangat besar. Listrik, air bersih dan tenaga kerja merupakan beberapa di antaranya," kata Rosenthal, seperti yang dikutip dari CNN Travel pada Kamis (7/2).

"Mempekerjakan orang dan membuatnya betah berada di pulau juga menjadi tantangan terberat dalam memiliki pulau," lanjutnya.

Usai membeli pulau, pertanyaan berikutnya adalah: bagaimana cara membawa orang berkunjung ke sana?


Sayangnya sejumlah pulau yang diperjualbelikan berupa pulau tak berpenghuni yang berada di lokasi terpencil.

Agar bisa sampai ke sana, tentu saja sang pemilik harus mendatangkan orang dengan pesawat atau kapal pribadi.

Perlu juga diperhatikan mengenai cuaca yang bakal menghantam kondisi pulau ke depannya.

Marta Tucci, salah satu pemilik perusahaan akomodasi wisata mewah Naya Traveler, mengatakan kalau 'orang kaya dengan dana terbatas' sebaiknya berpikir dua kali sebelum membeli pulau, sebelum akhirnya terlanjur membeli dan mengabaikannya karena tak bisa mengelola.

Tapi jika masih ingin merasakan wisata sembari menikmati sensasi memiliki pulau, Tucci menyarankan agar berwisata ke penginapan yang super mewah dan menawarkan sensasi bermalam privat, sehingga dunia serasa milik sendiri.

The Brando Resort di Tahiti atau hotel dalam jaringan Aman bisa menjadi beberapa pilihannya.

[Gambas:Instagram]

(agr/ard)