Ragam Rekor Babi Fantastis di Tahun Babi Tanah

CNN Indonesia | Minggu, 10/02/2019 11:43 WIB
Ragam Rekor Babi Fantastis di Tahun Babi Tanah Rekor dunia babi. (skeeze/Pixabay).
Jakarta, CNN Indonesia -- Imlek 2019 menjadi penanda masuknya Tahun Baru China 2570. Dalam astrologi China kuno, tahun ini memiliki karakteristik Babi Tanah.

Babi merupakan simbol kekayaan dan keberuntungan. Orang yang lahir di Tahun Babi memiliki kemauan dan kesabaran yang kuat.

Bicara soal babi di dunia, ada beberapa rekor menarik yang berkaitan dengan babi juga tercatat dalam buku rekor dunia, Guinness World Records. Mulai dari babi terbesar hingga terkecil menarik perhatian masyarakat.



Berikut rekor babi unik menyambut Tahun Babi Tanah.

1. Babi terbesar
Babi terbesar dalam sejarah dipegang oleh Big Bill, seekor babi raksasa yang memiliki ras Polandia-Cina. Babi besar ini memiliki berat 1.157 kg dengan panjang 2,74 meter.

Babi besar ini memiliki tinggi 1,52 meter, hampir sama dengan anak-anak remaja.

2. Babi terkecil
Spesies babi terkecil di dunia jadi milik babi kerdil. Panjang babi kerdil jantan dewasa hanya berkisar 61-71 cm. Babi kerdil betina bahkan lebih pendek yakni 55-62 cm. Beratnya hanya sekitar 8-10 kg untuk babi jantan dan 6-8 kg untuk babi betina.

3. Babi liar terbesar
Babi liar terbesar jadi milik spesies purba yang dikenal dengan babi unicorn. Babi ini memiliki tinggi 1,2 meter dan berat mencapai 500 kg.

Nama unicorn muncul dari tanduk yang tumbuh di tengah alis babi jantan. Babi yang berasal dari Rusia dan China ini hidup di zaman prasejarah sekitar 7-20 juta tahun yang lalu.

4. Spesies babi neraka terbesar
Spesies babi neraka terbesar adalah Daeodon shoshonensis. Hewan kolosal ini memiliki tinggi 1,8-2 meter, lebih tinggi dari rata-rata pria dewasa. 

Tengkorak babi ini memiliki panjang 90 cm. Namun, otak babi ini terbilang kecil karena hanya sebesar jeruk. 

5. Babi berambut
Tidak semua babi ditutupi oleh bulu atau rambut. Namun, babi Hungaria yang dikenal dengan Mangalitza memiliki rambut yang layaknya bulu anjing atau bulu domba.

Tercatat ada tiga ras babi berambut yakni Blond Mangalitza dengan rambut berwarna putih atau pirang, Mangalitza Swallow-bellied berwarna hitam dengan perut putih, dan Red Mangaliza yang berwarna merah kecokelatan.


6. Babi tertua
Babi liar rata-rata hidup selama delapan tahun, sedangkan babi domestik bisa hidup selama 20 tahun jika tak bertemu dengan ancaman. 

Sedangkan babi tertua yang pernah tercatat dalam sejarah adalah Ernestine. Ia lahir pada 17 Juli 1991 dan hidup selama 23 tahun 76 hari saat meninggal pada 2014 lalu.

7. Anak babi terbanyak
Babi domestik rata-rata dapat melahirkan 12 anak babi sekaligus. Tapi, babi satu ini melahirkan anak babi tiga kali lipat dari jumlah itu.

Pada 21 September 1993, seekor babi bernama Sow 570 melahirkan 37 anak babi di sebuah peternakan di Yorkshire, Inggris. Sebanyak 36 anak babi lahir hidup, dan 33 diantaranya memiliki kelangsungan hidup yang baik.

Sow 570 merupakan babi hasil persilangan antara Duroc Putih Besar dan Meishan.

8. Lompatan tertinggi
Babi memang tak bisa terbang. Tapi, beberapa diantara mereka bisa melompat dengan baik. 

Tercatat dalam rekor dunia, pada 22 Agustus 2004 babi berperut buncit bernama Kotetsu dapat mencapai lompatan setinggi 70 cm di Peternakan Mokumoku Tedsukuri, Jepang. (ptj/chs)