Tips Menata Rumah Sesuai Feng Shui Tahun Babi Tanah

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 10:44 WIB
Tips Menata Rumah Sesuai Feng Shui Tahun Babi Tanah ilustrasi (davidlee770924/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun baru Imlek mengandung harapan akan semangat baru dan kelimpahan rezeki. Selain sembahyang, sebagian orang pun masih mengaplikasikan ilmu Feng Shui demi menghadirkan rezeki yang berlimpah bagi anggota keluarga. 

Demi menghindari aura dan energi yang negatif, Ahli Feng Shui Modern Jenie Kumala Dewi, membagikan tips buat Anda. 

1. Utamakan ruang makan



Menurut Jenie, banyak orang yang salah mengambil langkah dalam membangun rumah. Umumnya orang mengutamakan sofa. Padahal, meja makan adalah elemen yang paling utama di dalam rumah. 

"Di Chinese, simbol makan adalah simbol rezeki. Meja makan itu adalah sebuah kestabilan," ujar Jenie saat ditemui di Urban Quarter's  Media Gathering, di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (29/1). 

2. Tata letak kamar

Menurut Jenie ruang tidur itu harus seimbang. Sebaiknya ranjang tidak diposisikan membelakangi jendela atau sejajar dengan jendela. Sebaiknya ranjang bersandar ke dinding yang stabil dimana dinding tersebut tidak ada apa-apa.

Ranjang, kata dia, tidak boleh menghadap ke kamar mandi, atau alangkah lebih baik lagi jika tidak ada kamar mandi di dalam kamar. Hal ini akan mengakibatkan penghuni kamar menjadi sakit-sakitan. 

Di samping itu, sebaiknya orang tidak terlalu banyak meletakkan cermin di kamar karena dapat menimbulkan energi yang tidak seimbang. 

3. Lukisan tumbuhan

Jenie menjelaskan lukisan mampu membawa aura dan pemikiran si pelukis. Sebaiknya lukisan yang menggambarkan keramaian misalnya pasar tidak dijadikan penghias dinding. 

"Apa yang dia bayangkan saat melukis kondisi pasar yang ricuh, dan ramai akan menimbulkan aura negatif," ujar Jenie.

Menurutnya sebaiknya lukisan yang dipajang adalah lukisan tumbuh-tumbuhan seperti padi, ikan, atau gunung plus sawah dan tanamannya. 


4. Ruangan diberi sekat

Di era yang serba praktis ini, banyak orang yang memilih tinggal di apartemen dengan tipe studio karena dirasa lebih murah. Namun secara Feng Shui kamar, dapur, ruang tamu dan kamar mandi yang menyatu itu tidak baik karena bisa mengganggu kesehatan penghuninya. 

Jika memang tinggal di apartemen seperti ini, orang dapat menyiasati dengan memberikan sekat antara dapur, kamar tidur dan ruang tamu. 

5. Pilih tanaman hidup

Tanaman atau bunga-bunga mati bisa memberikan energi negatif. Jenie menyarankan sebaiknya letakkan tanaman yang hidup seperti tanaman jeruk yang kecil-kecil. (ims/els/chs)