Perawatan Khusus untuk Bayi Berkulit Sensitif

ANTARA, CNN Indonesia | Minggu, 16/09/2018 14:27 WIB
Perawatan Khusus untuk Bayi Berkulit Sensitif Ilustrasi bayi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rasa gatal yang dirasakan bayi bisa jadi disebabkan oleh masalah kulit seperti ruam dan kulit kering. Hal itu disebabkan oleh kulit bayi yang cenderung sensitif.

Semua bahan yang berkontak langsung dengan kulit bayi harus mengandung pelembab. Penggunaan sabun, sampo, losion, dan lainnya yang mengandung bahan iritan sebaiknya diminimalisir. Selain itu, produk perawatan yang mengandung pewarna dan pewangi lebih baik tidak digunakan.

"Pewarna dan pewangi ini buat bayi dengan kulit sensitif termasuk bahan iritan. Disarankan ibu untuk tidak mencuci atau menyetrika baju bayi dengan pengharum," ujar dokter spesialis kulit, Nanny Shoraya di Jakarta, melansir ANTARA.



Selain itu, bayi dengan kulit sensitif juga disarankan untuk tidak mandi terlalu lama. Semakin lama kulit berkontak dengan air, penguapan air di kulit akan semakin besar. Hal ini akan membuat kulit bayi jadi mudah kering. 

Nanny juga mengimbau orang tua untuk memperhatian pembilasan bayi. Biasakan untuk membilas tubuh bayi setelah direndam dalam bak berisi sabun. Setelah itu, keringkan tubuh bayi dengan handuk lembut.

"Jangan lupa untuk menggunakan produk pelembap tambahan sesaat setelah mandi 2-3 kali sehari," kata Nanny.

Jika orang tua terbiasa menggunakan tisu basah, usahakan gunakan produk tanpa kandungan pewangi dan alkohol. (asr/chs)