FOTO: Raung Merintih si 'Kucing Besar'

AFP Photo, CNN Indonesia | Sabtu, 03/03/2018 13:08 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Raungannya si 'Kucing Besar' kini terdengar bagai rintihan minta tolong ingin diselamatkan dari keserakahan manusia yang mengancamnya dengan kepunahan.

Harimau Bengal di penangkaran milik Lion Foundation di Belanda. Hari Margasatwa Dunia (World Wildlife Day) diselenggarakan setiap 3 Maret. Tahun ini, temanya penyelamatan kawanan si 'Kucing Besar' dari kepunahan. (AFP PHOTO/John Thys)
Macan Tutul di kawasan konservasi Masai Mara, Kenya. Tahun ini, Sekertariat Konvensi Perdagangan Internasional Spesies Fauna dan Flora (CITES) dari PBB menetapkan kampanye tema 'Kucing Besar, Spesies yang Terancam Punah' untuk hari peringatan tersebut. (AFP PHOTO/Yasuyoshi Chiba)
Cheetah betina di Taman Pardisan, Iran. Selain cheetah, kampanye tahun ini juga fokus terhadap penyelamatan populasi si 'Kucing Besar', seperti macan tutul, macan tutul salju, jaguar, harimau, singa, dan puma. (AFP PHOTO/Atta Kenare)
Harimau Siberia di Taman Hengdaohezi, China. Ancaman kepunahan mereka bukan hanya perubahan iklim, namun juga ulah manusia yang gemar wisata berburu atau menganggap mereka hama yang mengancam nyawa. (AFP PHOTO/Nicolas Asfouri)
Harimau Sumatera, di Kebun Binatang Sumatera, Indonesia. CITES mengatakan, ancaman kepunahan terhadap si 'Kucing Besar' bisa membuat bola salju kepunahan hewan di dunia semakin besar, karena selama ini kawanan tersebut terkenal sebagai Raja Hutan yang mampu melindungi diri di alam. (AFP PHOTO/Boris Roessler)
Jaguar di kawasan penangkaran Petro Velho, Brazil. Saat ini, jumlah si 'Kucing Besar' juga semakin berkurang. Masing-masing spesies berjumlah kurang dari 30 ribu ekor. (AFP PHOTO/Evaristo SA)
Singa di Kebun Binatang Valle del Cauca, Kolombia. Jika tak bisa turun langsung ke kawasan penangkaran, bantuan berupa donasi untuk konservasi si 'Kucing Besar' bisa disalurkan melalui kelompok-kelompok pecinta hewan atau lingkungan yang rutin menggelar kampanye. (AFP PHOTO/Luis Robayo)
Puma di kawasan penangkaran Villa Lorena, Kolombia. Menolak konsumsi yang berasal dari tubuh si 'Kucing Besar', seperti mengenakan mantel dari kulit macan tutul, juga termasuk langkah penyelamatan populasi mereka. (AFP PHOTO/Luis Robayo)
Macan Tutul Salju, di Finlandia. Salah satu usaha penyelamatan yang terbilang berhasil ialah konservasi Macan Tutul Salju di Mongolia. Namun tetap saja, hasil konservasi tak berbanding dengan ribuan ekor yang sudah tewas di tangan pemburu. (AFP PHOTO/Jarno Mela)
Singa Putih di Kebun Binatang La Fleche, Perancis. (AFP PHOTO/Jean-Francois Monier)