Mengetahui 3 Tanda Masa Subur pada Pasangan

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 27/02/2018 04:44 WIB
Mengetahui 3 Tanda Masa Subur pada Pasangan Ahli kandungan menjelaskan masa subur perempuan sebenarnya dapat diketahui dari beberapa perubahan tanda-tanda pada tubuh. (Ilustrasi/Foto: Thinkstock/Ivanko_Brnjakovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berhubungan saat masa subur bisa jadi salah satu cara efektif untuk segera punya momongan bagi pasangan baru. Normalnya, masa subur pada perempuan dapat diketahui dengan cara menghitung siklus menstruasi yang normal dan teratur.

Namun, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Benny Johan Marpaung menilai cara ini tak sepenuhnya tepat.

"Bisa dihitung dengan siklus menstruasi dan sudah banyak aplikasi yang tersedia. Tapi, siklus haid wanita itu jarang sekali yang pas 28 hari, jarang rata-rata 25-35 hari. Jadi, hasilnya tidak 100 persen tepat," kata Benny dalam acara diskusi bersama Orami di Jakarta beberapa waktu lalu.



Benny lalu menjelaskan masa subur sebenarnya bisa diketahui dengan beberapa perubahan tanda-tanda pada tubuh.

Pertama, menurut Benny, masa subur ditandai dengan suhu basal tubuh yang menghangat. Suhu tubuh saat masa subur akan meningkat, namun bukan mengalami demam.

Cara terbaik untuk mengukur suhu tubuh, kata Benny, adalah dengan mengukur temperatur di bawah lidah. Perbedaannya, saat masa subur suhu tubuh meningkat 0,5-1 derajat celcius.

Kedua, kata Benny, masa subur juga ditandai dengan terdapatnya cairan basah di area vaginal. Cairan ini berwarna bening dan elastis seperti lem.

"Ada cairan juga merupakan tanda-tanda masa subur," ujar Benny.


Ketiga, suasana hati saat masa subur juga cenderung berubah menjadi lebih sensitif.

Selain tanda-tanda itu, Benny menyebut masa subur juga dapat diketahui dengan melakukan tes ovulasi, sonografi, atau pengecekan kadar darah hormonal pada seorang wanita. 

Secara medis, Benny menyebut masa subur dapat diketahui dengan melihat folikel di dalam ovarium. Biasanya, pengukuran ini dilakukan untuk inseminasi atau program bayi tabung. (rah/rah)