Laporan dari Kamerun

Potret Kehidupan Masyarakat di Negara Miniatur Afrika

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 14/12/2015 20:17 WIB

Douala, Kamerun, CNN Indonesia -- Pada 2013, Kamerun memiliki penduduk sebanyak 22,5 juta jiwa. Bagaimana potret kehidupan penduduk di negara yang disebut miniatur Afrika ini?

Kamerun adalah sebuah negara yang terletak di kawasan Afrika tengah dan barat. Negara ini berbatasan langsung dengan Nigeria, Chad, Kongo, Gabon, Guinea Khatulistiwa. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Negara ini dikenal sebagai miniatur Afrika, karena beragamnya geologi dan budaya. Negara ini memiliki pantai, gurun, gunung, hutan hujan, dan savana. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Kamerun beribukota di Yaounde. Sedangkan kota terdekat lainnya adalah Douala. Yaounde merupakan kota pusat politik, sedangkan Douala merupakan pusat perekonomian Kamerun. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Negara ini memiliki suhu udara yang panas dan cukup berdebu. Oleh karenanya tak jarang penduduknya memakai kain busana dan kain panjang untuk melindungi tubuh dari panas dan debu.  (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Sama seperti di Jakarta, penduduk Kamerun juga sering mengendarai sepeda motor bertiga. Tapi bedanya, tak akan ada polisi yang menilang pengendara Kamerun. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Taksi adalah salah satu kendaraan umum yang ada di sana. Meski penampilannya seperti mobil tua, namun mobil ini muat dan kuat menampung banyak penumpang. Tiga orang di depan, dan lima orang di kursi belakang. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti).
Seperti kehidupan masyarakat pada umumnya, penduduk Kamerun juga melakukan berbagai aktivitas lainnya seperti pergi ke sekolah, berkendara ke berbagai tempat. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andika Setyanti)
Di jalan raya Douala-Limbe, jalan raya yang berlubang dan macet juga diperparah dengan rombongan sapi bertanduk panjang dan berpunuk yang disebut zebu. Rombongan sapi dan penggembalanya tak menyeberang jalan raya yang penuh mobil. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Lalu lintas di Douala termasuk yang paling ramai dan 'gila.' Rata-rata penduduknya harus punya skill berkendara yang mahir untuk bisa menaklukkan jalan raya di Kamerun. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andhika Setyanti)
Kehidupan masyarakat Douala dan Yaounde adalah bertani dan berdagang. Mereka banyak berdagang di pasar-pasar tradisional, bertani aneka sayur, daging, pakaian dan buah-buahan. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andika Setyanti)
Perempuan paruh baya cukup sering terlihat menggunakan busana tradisional mereka yang disebut kabba. Bahannya juga terbuat dari batik. (Foto: CNN Indonesia/Christina Andika Setyani)