FOTO: Ramai-ramai Warga Jakarta Uji Coba LRT

CNN Indonesia/Safir Makki, CNN Indonesia | Selasa, 11/06/2019 17:29 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Ribuan warga Jakarta menjajal kerta ringan lintas rel terpadu (LRT) pada Selasa (11/6). Uji coba ini akan berlangsung hingga 11 hari ke depan.

Mulai Selasa (11/06) ini, masyarakat bisa ikut menguji-coba moda transportasi kereta ringan lintas rel terpadu (LRT). Hanya ada lima stasiun yang melayani uji coba ini antara lain Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulo Mas, Stasiun Equestrian dan Stasiun Velodrome. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Ada beberapa tata cara yang mesti diikuti masyarakat bila berminat menjajal LRT. Pertama-tama, mesti mendaftar dengan mengisi data diri di situs LRT. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Setiap hari ada sekitar slot 5.000 slot untuk uji coba yang disediakan oleh manajemen PT LRT. Seluruh kuota ini langsung tandas untuk uji coba hari pertama dan kedua. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Uji coba publik yang dimulai hari ini, akan bergulir hingga 11 hari ke depan. Tepatnya, tanggal 22 Juni 2019. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Uji coba LRT ini akan berlangsung tiap hari mulai pukul 05.30 WIB dan berakhir pukul 23.00 WIB. Selang waktu antar kereta (headway) berkisar 10 menit. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Rute LRT Jakarta sendiri terbentang sejauh 5,8 kilometer dari kawasan Rawamangun hingga Kelapa Gading. Tiket LRT Jakarta dihargai Rp 5.000 yang berlaku flat. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Uji coba LRT ini bukan yang pertama kali digelar oleh manajemen, tapi yang ketiga. Yang pertama digelar terbatas untuk pegawai PT Jakpro, sementara yang kedua untuk publik. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Dengan menggunakan LRT, waktu tempuh Rawamangun-Kelapa Gading kini bisa dipangkas menjadi 13 menit. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Kapasitas LRT sendiri 135 penumpang per-gerbong dan berkecepatan rata-rata 20-40 kilometer per-jam. (CNNIndonesia/Safir Makki)
LRT saat ini telah memiliki rekomendasi teknis, rekomendasi keselamatan, serta rekomendasi sarana dan prasarana. Namun, untuk izin operasional masih menunggu dari Dinas Perhubungan Jakarta. (CNNIndonesia/Safir Makki)