Dirut Telkomsel Resmi Jadi Dirut Telkom

CNN Indonesia | Jumat, 24/05/2019 17:49 WIB
Dirut Telkomsel Resmi Jadi Dirut Telkom Ilustrasi gedung Telkom. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemegang saham PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom menyetujui pergantian Direktur Utama Telkom Indonesia Alex Janangkih Sinaga melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang berlangsung Jumat (24/5).

Alex digantikan oleh Ririek Adriansyah. Ririek sendiri sebelumnya menjabat sebagai Direktur Utama PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) yang merupakan entitas anak Telkom. Sebelumnya, Ririek juga menggantikan Alex saat ditunjuk sebagai Direktur Utama Telkom Indonesia.

"Susunan dari Board of Directors (BoD) yang baru kami perkenalkan direktur utama kami pak Ririek Adriansyah," kata Vice President Corporate Communication, Jumat (24/5).


Sementara itu, Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah mengatakan ke depan manajemen akan meneruskan program yang telah berjalan dengan baik. Manajemen baru juga akan menambahkan program untuk mendorong kinerja pertumbuhan perseroan.


"2019 kami optmis, full year (tahun) kemarin sudah cukup bagus dan kami akan sambut tahun 2019 ini dengan lebih optimis," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN Edwin Hidayat Abdullah menjelaskan lengsernya Alex dari jabatan pucuk Telkom disebabkan periode kepemimpinan lima tahun telah berakhir. Alex sendiri telah menduduki pucuk pimpinan perusahaan telekomunikasi plat merah itu sejak 2014.

"Pak Alex sudah lima tahun memang secara peraturan sudah periode pertama," tuturnya.


Ia menambahkan Ririek adalah kandidat terbaik pengganti Alex. Hal ini telah melalui pertimbangan baik dari seluruh pihak.

"Penilaiannya sudah berlapis dari mulai Direksi Tellkom, komisaris rekomendasi dia. Kemudian di fit and proper memang yang terbaik," katanya.

Dengan demikian, maka struktur jajaran direksi dan komisaris perseroan adalah sebagai berikut:

Direksi
Direktur Utama: Ririek Adriansyah
Direktur Keuangan: Harry M. Zen
Direktur Consumer Service: Siti Choiriana
Direktur Network & Information Technology Solution: Zulhelfi Abidin
Direktur Digital Business: Faizal R Djoemadi
Direktur Strategic Portfolio: Achmad Sugiarto
Direktur Wholesale & International Service: Edwin Aristiawan
Direktur Human Capital Management: Edi Witjara
Direktur Enterprise & Business Service: Bogi Witjaksono

Komisaris
Komisaris Utama: Edwin Hidayat Abdullah
Komisaris: Isa Rachmatarwata
Komisaris: Ismail
Komisaris: Marcelino Pandin
Komisaris Independen: Marsudi Wahyu Kiswoyo
Komisaris Independen: Cahyana Ahmadjayadi
Komisaris Independen: Margiyono Darsasumarja (ulf/agi)