Bertolak ke Beijing, JK Hadiri KTT One Belt One Road

CNN Indonesia | Rabu, 24/04/2019 11:15 WIB
Bertolak ke Beijing, JK Hadiri KTT One Belt One Road Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Beijing, China untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi One Belt One Road (KTT OBOR), pada Rabu (24/4). (CNN Indonesia/Priska Sari Pratiwi).
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Presiden Jusuf Kalla bertolak ke Beijing, China untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi One Belt One Road (KTT OBOR), pada Rabu (24/4).

Menggunakan pesawat khusus kepresidenan Boeing Business Jet (BBJ), JK bersama istrinya, Mufidah Jusuf Kalla dan sejumlah menteri berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB.

Sebelumnya, JK mengatakan dalam pertemuan itu akan membahas percepatan pembangunan negara-negara yang tergabung dalam OBOR.


"Hal yang terpenting sejauh mana kepentingan Indonesia dapat terpenuhi. Tidak semua harus diikuti. Kita mendahulukan kepentingan kita, kepentingan Indonesia," ujar JK kemarin.


OBOR merupakan proyek yang digagas China untuk merajut jalur sutera modern antarnegara. Dengan proyek tersebut, China menyusun rute-rute perdagangan baru dan menghubungkan kawasan-kawasan yang terdekat.

Selain menghadiri konferensi internasional, JK dijadwalkan bertemu Presiden China Xi Jinping dan makan siang bersama Wakil Presiden Wang Qishan.

Usai pertemuan tersebut, JK juga akan menghadiri sejumlah pertemuan makan malam dan forum bisnis hingga pertunjukan seni yang digelar pemerintah China.

JK dijadwalkan akan kembali ke Jakarta pada 28 April mendatang.


Dalam kunjungan tersebut, sejumlah menteri yang ikut mendampingi yakni Menteri Koordinator Bidang Maritim Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Mohamad Nasir, serta sejumlah pejabat wakil presiden.

[Gambas:Video CNN] (pris/lav)