Laju IHSG Hari Ini Diproyeksi Menguat Terbatas

CNN Indonesia | Rabu, 27/03/2019 07:13 WIB
Laju IHSG Hari Ini Diproyeksi Menguat Terbatas Ilustrasi IHSG. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan dibayangi aksi jual oleh pelaku pasar, baik dari dalam dan luar negeri. Sejumlah analis melihat peluang penguatan indeks. Tapi penguatan kemungkinan akan bersifat lebih terbatas.

Analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi Taulat Ibrahimsyah mengatakan IHSG kini sedang berada di area jenuh beli alias overbought. Hal ini biasanya terjadi usai indeks menguat signifikan beberapa waktu terakhir.

"IHSG akan melanjutkan penguatan, namun terbatas dibayangi signal overbought dari indikator teknikal yang memberikan indikasi aksi jual pada perdagangan selanjutnya," papar Lanjar seperti dikutip dari risetnya, Rabu (27/3).


Kendati demikian, ia memberikan beberapa rekomendasi saham yang bisa dicermati pelaku pasar. Sejumlah saham itu, yakni PT Tunas Baru Lampung Tbk (TBLA), PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).
Senada, Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan melihat ruang penguatan indeks hanya berlangsung untuk jangka pendek saja. Masalahnya, sentimen dari global masih mengganggu pergerakan pasar saham dalam negeri.

"Pergerakan masih cukup fluktuatif dipengaruhi oleh ketidakpastian dari faktor global," terang Dennies melalui risetnya.

Menurutnya, IHSG akan bergerak dalam rentang support 6.423-6.446 dan resistance 6.485-6.501. Pelaku pasar bisa melakukan transaksi beli pada sejumlah saham, antara lain PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), dan PT Aneka Tambang Tbk (ANTM).

Sebagai informasi, IHSG ditutup menguat tipis 0,91 persen ke level 6.470 pada Selasa (26/3). Pelaku pasar asing tercatat beli bersih atau net buy di all market sebesar Rp338,63 miliar.

Sejalan dengan IHSG, tiga indeks utama di bursa saham Wall Street terpantau menguat tadi malam. Bila dirinci, Dow Jones naik 0,55 persen, S&P500 0,72 persen, dan Nasdaq Composite 0,71 persen.

[Gambas:Video CNN] (aud/agt)