China Borong 290 Pesawat Airbus A320 dan 10 A350

CNN Indonesia | Selasa, 26/03/2019 04:16 WIB
China Borong 290 Pesawat Airbus A320 dan 10 A350 Ilustrasi. (REUTERS/Regis Duvignau)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak Kepresidenan Perancis menyatakan China pada Senin (25/3) ini telah membuat kesepakatan besar dengan negara mereka. Salah satu kesepakatan besar tersebut dibuat berkaitan dengan pembelian 290 pesawat Airbus A320 dan 10 A350.

Penandatanganan kesepakatan pembelian kata mereka dibuat dan ditandatangani saat Presiden China Xi Jinping berkunjung ke Paris awal pekan ini. Selain itu, Perancis juga bersepakat dengan China untuk mengekspor ayam beku mereka ke Negeri Tirai Bambu tersebut.

Total nilai kesepakatan ekspor ayam belum mencapai US$40 miliar.


"Ini sinyal yang sangat baik dari kekuatan perdagangan antara dua negara," kata mereka seperti dikutip dari Kantor Berita AFP, Selasa (26/3).



Presiden Perancis Emmanuel Macron berharap kesepakatan yang berhasil dicapai China dan negaranya tersebut ke depan bisa memperkuat kemitraan Perancis dan Eropa dengan China. "Tapi kemitraan yang kuat harus dilandaskan pada multilateralisme yang kuat, adil dan seimbang," katanya.

Sementara itu Xi mengatakan untuk bisa memperkuat kerja sama, negaranya butuh Eropa yang bersatu dan makmur. Agar kesatuan dan kemakmuran tersebut bisa tercipta, ia meminta Eropa untuk mengadopsi strategi yang diterapkan negaranya.

Sebagai informasi, untuk menciptakan kemakmuran dan kesatuan, China di bawah pemerintahan Presiden Xi memang tengah menjalankan program Jalur Sutera Modern.

Program tersebut, beberapa waktu lalu telah diikuti oleh Italia. Italia telah menandatangani kerja sama dengan China untuk mewujudkan program tersebut.
(AFP/agt)