FOTO: Mata Pencaharian Petani Sawit Terancam Penurunan Harga

AFP, ANTARA, REUTERS, CNN Indonesia | Rabu, 20/03/2019 15:36 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Mata pencaharian petani kelapa sawit di Kampar, Provinsi Riau, tengah diserang. Ancaman bukan berasal dari hama, melainkan oleh harga sawit yang anjlok.

Mata pencaharian petani kelapa sawit di Kampar, Provinsi Riau tengah diserang. Ancaman bukan berasal dari serangga atau orang utan, melainkan oleh harga sawit yang anjlok. (AFP/WAHYUDI).
Harga tandan buah segar kelapa sawit di Riau periode 20-26 Maret 2019 tercatat Rp1.514 per kilogram (kg), atau mengalami penurunan Rp8,44/kg dibandingkan harga pekan sebelumnya. (AFP/Mohd RASFAN).
Penurunan harga sawit Riau sangat dipengaruhi oleh penurunan harga jual kernel periode sebelumnya yang dialami oleh seluruh perusahaan. (Antara Foto/Wahdi Septiawan).
Harga jual kernel dari PT Sinar Mas Group mengalami penurunan sebesar Rp161/Kg, PT Astra Agro Lestari Group mengalami penurunan harga Rp223,64/Kg. (REUTERS/Lai Seng Sin).
PT Asian Agri Group mengalami penurunan Rp213/Kg, dan dari PT. Citra Riau Sarana mengalami penurunan Rp136/Kg dari harga pekan lalu. (AFP/Wahyudi).
Presiden Joko Widodo menyarankan pelaku industri kelapa sawit masuk ke segmen hilir, seperti kosmetik dan olahan lain, demi meningkatkan nilai tambah. (AFP/Wahyudi).
Presiden Jokowi menyarankan para petani untuk berpikir dua kali sebelum menanam kelapa sawit karena produksi kelapa sawit sudah terlampau signifikan. (AFP/Wahyudi).
Alasan lain untuk tidak replanting adalah langkah Komisi Uni Eropa yang merancang aturan untuk menghapus secara bertahap penggunaan bahan bakar nabati/BBN (biofuel) berbasis minyak sawit mentah (CPO) hingga 2030. (ANTARA FOTO/FB Anggoro).
Bila aturan itu disetujui oleh parlemen Uni Eropa, maka keputusan tersebut akan menjadi kabar buruk bagi Indonesia selaku produsen kelapa sawit terbesar di dunia. (REUTERS/Lai Seng Sin).
Jokowi menyarankan para petani sawit untuk menanam durian karena varietas produknya yang beragam. Selain itu, tidak semua negara mampu memasok durian di pasar internasional. (REUTERS/Samsul Said).