Babak Baru Negosiasi Perang Dagang AS-China Dimulai Hari Ini

CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 11:39 WIB
Babak Baru Negosiasi Perang Dagang AS-China Dimulai Hari Ini Ilustrasi. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gedung Putih menyatakan Selasa (19/2) ini Amerika Serikat (AS) dan China akan menggelar putaran baru perundingan damai perang dagang.

Mereka menyatakan putaran perundingan baru tersebut digelar untuk membahas perubahan struktural yang bisa memperbaiki hubungan dagang antara AS dengan China.

"Dua belah pihak akan mendiskusikan janji China untuk membeli barang dan jasa dari AS dalam jumlah yang besar," kata Gedung Putih dalam pernyataan yang dikutip dari Reuters, Selasa (19/2).


Gedung Putih menyatakan putaran baru perundingan damai perang dagang tersebut akan digelar di Washington. Perundingan tersebut merupakan tindak lanjut dari negosiasi perang dagang di Beijing pekan lalu yang berakhir tanpa kesepakatan berarti.


AS dan China saat ini sedang terlibat konflik perang dagang.  Konflik dipicu oleh surplus neraca dagang besar yang dimiliki oleh China terhadap AS. Presiden AS Donald Trump menuduh surplus neraca dagang China terhadap AS yang besar tersebut disebabkan oleh kecurangan dagang.

Atas dasar itulah, ia kemudian melancarkan serangan dagang dengan memberlakukan tarif tinggi atas impor asal China. Saat ini, AS dan China tengah berupaya menyelesaikan konflik perdagangan tersebut melalui sebuah perundingan.

Perundingan dilakukan batas waktu penyelesaian 1 Maret 2019. Jika perundingan tersebut nantinya gagal membuahkan hasil, AS sudah mengancam akan menaikkan tarif atas impor barang bernilai US$200 miliar asal China dari 10 persen menjadi 25 persen.

(Reuters/agt)