Bagi-bagi Sertifikat Sukses, Jokowi Beri 'Bonus' Pegawai BPN

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 14:54 WIB
Bagi-bagi Sertifikat Sukses, Jokowi Beri 'Bonus' Pegawai BPN Pegawai Badan Pertanahan Nasional saat menghadiri Pembukaan Rakernas Kementerian Agraria dan Tata Ruang di Istana Negara, Rabu (6/2). (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Jokowi berjanji akan menaikkan tunjangan kinerja yang paling maksimal kepada pegawai Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Jokowi mengapresiasi kinerja jajaran Kementerian ATR/BPN dari pusat hingga daerah.

Hal tersebut disampaikan Jokowi merespons permohonan Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil. Dalam Pembukaan Rapat Kerja Nasional Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ BPN 2019 di Istana Negara, Rabu (6/2), Sofyan menyatakan bahwa pihaknya tengah mengajukan permohonan kenaikan tunjangan kinerja bagi pegawainya.

"Izinkan pula kami melaporkan pada saat ini kami tengah berusaha untuk mengupayakan permohonan kenaikan tunjangan kinerja bagi jajaran ATR BPN," kata Sofyan.



Saat memberikan sambutan Jokowi langsung menjawab pernyataan Sofyan. Menurut Jokowi, permohonan kenaikan tunjangan kinerja itu belum sampai di mejanya. Namun, ia berjanji akan memberikan tunjangan kinerja yang paling maksimal bagi pegawai BPN.

"Perlu saya sampai kan bahwa untuk BPN akan kita berikan tunjangan kinerja yang paling maksimal. Saya enggak tahu diajukan ke meja saya berapa. Tapi saya akan berikan yang paling maksimal," ujar Jokowi.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyatakan tunjangan kinerja maksimal diberikan sebagai bentuk terima kasihnya kepada jajaran Kementerian ATR/BPN di seluruh Indonesia yang telah bekarja memenuhi target Program Sertifikasi Tanah yang dijalankannya.Menurut Jokowi, salah satu target yang terpenuhi jajaran Kementerian ATR/BPN adalah terkait percetakan sertifikat tanah gratis.


Ia menyebut pencetakan sertifikat tanah gratis terus meningkat mulai dari 500 ribu, kemudian 5 juta, kemudian 7 juta, hingga mencapai 9 juta sertifikat tanah pada akhir 2018. "Loncatan-loncatan seperti itu memang harus kita berikan apresiasi dan kita berikan penghargaan," tuturnya.

"Sekali lagi terima kasih atas kerja kerasnya, sehingga target yang saya berikan kepada pak menteri, yang terakhir di 2018 juga tercapai dan terlampaui. Saya tahu pegawai BPN kerja siang malam. Untuk mengejar target yang kita berikan," kata Jokowi menambahkan.

Jokowi secara simbolis lantas membuka rapat kerja Kementerian ATR/BPN tersebut dengan memukul gong sebanyak tiga kali. Ia ditemani Sofyan dan Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution.

(fra/agt)