Stasiun LRT Dukuh Atas Mulai Dibangun Pekan Depan

CNN Indonesia | Jumat, 01/02/2019 17:38 WIB
Stasiun LRT Dukuh Atas Mulai Dibangun Pekan Depan Ilustrasi pembangunan stasiun LRT. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Adhi Karya (Persero) Tbk selaku kontraktor pembangunan Light Rail Transit (LRT) Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi (Jabodebek) akan mulai membangun stasiun LRT Dukuh Atas pada pekan depan. Ini menyusul kesepakatan antara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait lokasi stasiun.

Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto menegaskan pihaknya telah mempersiapkan pembangunan stasiun LRT Dukuh Atas.

"Dalam waktu dekat ini kami akan turun ke lapangan. Tidak sampai bulan depan, minggu depan," kata Budi di Hotel Pullman, Jumat (1/2).


Megaproyek infrastruktur ini mengalami kendala pembangunan, salah satunya lokasi stasiun Dukuh Atas. Alasannya, ada perbedaan pendapat antara Kemenhub dengan Pemprov DKI Jakarta.

Pihak Kemenhub menghendaki lokasi stasiun di seberang Stasiun Kereta Rel Listrik (KRL) Sudirman. Sedangkan Pemprov DKI Jakarta mengusulkan lokasi stasiun di selatan Gedung Landmark.

Namun demikian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menyepakati usulan Pemprov DKI Jakarta, sehingga lokasi stasiun akan berada di selatan Gedung Landmark.


"Untuk stasiun Dukuh Atas sudah ada keputusan Menteri Perhubungan dan Gubernur DKI Jakarta, dalam waktu dekat akan dibangun," tutur Budi.

Selain kendala penetapan lokasi stasiun Dukuh Atas, pembangunan LRT Jabodebek juga terkendala pembebasan lahan seluas 10 hektare (ha) untuk depo di Bekasi Timur.

Akibatnya, pembangunan LRT Jabodebek tahap I ini dipastikan molor dari waktu yang telah ditetapkan. "Iya betul, mundur ke 2021 karena pembebasan lahan. Dengan asumsi Maret ini selesai lahan untuk depo di Bekasi," katanya.


Saat ini baru sekitar 60 persen dari lahan depo yang dalam proses pembebasan. Sementara, 40 persen sisanya masih meminta persetujuan masyarakat. Depo Bekasi Timur akan menjadi lahan parkir kereta untuk sekitar 32 train set rute tersebut.

Untuk diketahui, pembangunan LRT Jabodebek Tahap I mencakup rute Cawang - Cibubur, Cawang - Kuningan - Dukuh Atas, dan Cawang - Bekasi Timur. Panjang lintasan LRT Jabodebek tahap I ini mencapai 44 kilometer (km).


(ulf/bir)