BPTJ Luncurkan Bus Rute Pondok Cabe-Bandara Soetta

CNN Indonesia | Senin, 31/12/2018 13:34 WIB
BPTJ Luncurkan Bus Rute Pondok Cabe-Bandara Soetta Ilustrasi. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) meresmikan layanan transportasi bus menuju Bandara Soekarno-Hatta dari Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten. Kepala BPJT Bambang Prihartono mengatakan bus tersebut dioperatori oleh Damri.

Ia berharap kehadiran layanan transportasi  tersebut membantu masyarakat Tangerang Selatan yang ingin ke Bandara Soekarno-Hatta.

"Masyarakat Tangerang Selatan kini tidak perlu lagi menggunakan kendaraan pribadi jika ingin bepergian melalui Bandara Soekarno-Hatta, karena sudah ada delapan unit armada bus Jakarta Airport Connexion," ujar Bambang di Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Senin (31/12).


Selain menuju bandara, BPTJ juga meluncurkan bus Transjabodetabek untuk memudahkan masyarakat Tangerang Selatan berpergian ke beberapa wilayah di Jakarta. Ada beberapa rute yang dilayani baik secara reguler maupun premium.

Pertama, Pondok Cabe- Senen dan Pondok Cabe-Tanah Abang. Untuk layanan premium, jumlah armada yang melayani rute perjalanan tersebut lima unit. Sementara itu untuk layanan reguler untuk rute Pondok Cabe-Senen sebanyak 10 armada.


Kedua, rute Pondok Cabe-Kampung Rambutan dengan jumlah armada sebanyak 15 unit. Ketiga, rute Pondok Cabe- Tosari/ Bundaran Hotel Indonesia dengan jumlah armada 10. 
"Untuk Transjabodetabek reguler dengan operator Mayasari Bakti yang akan melayani Pondok Cabe menuju Bekasi, Ciawi, dan Cikarang masing-masing lima armada,"ujarnya.

Bambang mengatakan nantinya armada bus itu bakal menggunakan sistem pembayaran dengan tiket elektronik (e-ticketing). Masyarakat, hanya perlu menempelkan uang elektronik mereka ke mesin pemindai yang berada di dalam masing-masing armada bus tersebut.

"Melalui single e-ticketing, melalui peningkatan layanan yang disiapkan diharapkan dapat bermuara pada tumbuhnya minat masyarakat menggunakan angkutan umum massal di Jabodetabek," ujarnya.

Selain operasi bus, Bambang juga meresmikan beroperasinya Terminal Tipe A Pondok Cabe. Dengan demikian sudah ada empat terminal tipe A di Jabodetabek di terminal tersebut.

"BPTJ punya empat terminal tipe A termasuk Pondok Cabe. Kedua ada di Jatijajar, ketiga Baranangsiang Bogor, keempat adalah Poris Plawad Kota Tangerang, karena itu karena dibangun pemda kita segera mengoperasikan kalau tidak nanti terkesan mangkrak," ucap Bambang.

(sah/agt)