Tarif Tol Bakal Diskon saat Mudik Lebaran 2018

Dinda Audriene Muthmainah , CNN Indonesia | Jumat, 18/05/2018 17:07 WIB
Tarif Tol Bakal Diskon saat Mudik Lebaran 2018 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyebut bakal ada diskon tarif tol selama mudik Lebaran tahun ini guna menarik minat masyarakat menggunakan tol. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) menyebut bakal ada diskon tarif tol selama mudik Lebaran 2018 guna memberikan pelayanan ekstra sekaligus menarik minat masyarakat menggunakan tol.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengaku belum bisa memberikan kepastian besaran diskon yang diberikan karena masih dalam pembahasan oleh beberapa badan usaha.

"Badan usaha sedang berdiskusi berkaitan besarannya berapa dan waktu penerapa seperti apa," ungkap Herry, Jumat (18/5).



Herry berharap diskon tarif tol nantinya dapat mengurangi penumpukan kendaraan di dalam satu waktu dengan menetapkan diskon yang berbeda-beda.

"Minggu depan kami akan kumpulkan juga pihak asosiasi," ujar Herry.

Herry menyebut kemungkinan besar jumlah diskon tidak dalam bentuk kisaran, melainkan satu angka pasti. Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut diskon tarif tol bisa saja mencapai 10 persen.


Meski penetapan diskon ini untuk memberikan tambahan kenyaman bagi pengendara, tetapi Herry memastikan tidak ada target menaikkan volume di ruas tol selama mudik.

"Kalau diskon dengan pertambahan volume tidak signifikan. Tapi kalau saat Lebaran volume nya besar ya memang besar," ungkap Herry.

Secara rata-rata, jumlah volume kendaraan dari tahun ke tahun tidak jauh berbeda. Pada tahun lalu, jumlah kendaraan yang memasuki gerbang tol Cikarang Utama sebanyak 112 ribu mobil.

"Penambahannya kecil, tidak besar," pungkas Herry. (agi/agi)