FOTO: 212 Mart, Dari Demo Turun ke Toko

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Kamis, 15/03/2018 19:01 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- 212 Mart merupakan koperasi syariah yang dirintis dari gerakan umat 212. Swalayan berprinsip koperasi syariah ini menjajakan kebutuhan sehari-hari.

Umat muslim meleburkan kekuatan untuk unjuk gigi dalam menjalankan roda ekonomi nasional dengan membentuk Koperasi Syariah 212 Mart. 212 Mart dirintis oleh alumni aksi 212 pada Desember 2016 lalu. Para alumni ini kemudian mendirikan koperasi syariah. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Ada yang berbeda dari suasana 212 Mart. Selain hanya menjual barang-barang sesuai syariat Islam dan berlabelkan halal, salam dalam bahasa Arab, assalamualaikum, juga kerap berkumandang saat konsumen masuk dan keluar toko. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
212 Mart menjual kebutuhan sehari-hari masyarakat, seperti makanan, minuman, hingga sabun cuci. Di swalayan berprinsip koperasi syariah ini seluruh barang yang dijual harus memiliki label halal dan sesuai dengan syariat Islam. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Prinsipnya yang syariah membuat 212 Mart tidak menjajakan produk-produk yang bertentangan dengan syariat Islam, seperti minuman beralkohol, alat kontrasepsi, dan rokok. (CNNIndonesia/Safir Makki).
Hingga awal Maret ini, gerai 212 Mart mencapai 101 cabang yang tersebar di Bogor, Bekasi, Depok, Jakarta, Tangerang, Cirebon, hingga Bandung. Namun, belum diketahui jumlah seluruh anggota koperasi syariah ini. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Dalam menjalankan bisnisnya, 212 Mart menggandeng anggota yang juga pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk ikut menjajakan produknya. Produk UMKM yang berjajar di etalase 212 Mart tidak dikenakan biaya. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
212 Mart merupakan swalayan dengan prinsip koperasi syariah. Karena prinsipnya tersebut, setiap toko 212 Mart harus menyetop kegiatannya setiap azan berkumandang. Hal ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan kepada para pekerja untuk melakukan salat berjamaah. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
General Manager Operasional Koperasi Syariah 212 Abdussalam mengatakan bahwa bisnisnya tidak selalu berorientasi kepada keuntungan. 212 Mart mengklaim rajin bersedekat kepada masyarakat yang membutuhkan. (CNNIndonesia/Safir Makki).
General Manager Operasional Koperasi Syariah 212 Abdussalam menyebut jumlah umat Islam yang menjadi penggerak ekonomi Indonesia masih sedikit. Padahal, pemeluk Islam mendominasi di Indonesia. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Belum genap satu tahun berdiri, aset Koperasi Syariah 212 sudah mencapai Rp26 miliar. Aset itu diperoleh dari bagi hasil pendapatan ritel sebesar 2,5 persen dan pengelolaan uang iuran anggotanya. (CNNIndonesia/Safir Makki).