Natal, Kemenhub Siapkan 50 Bus Gratis Bisa Daftar Online

Dinda Audriene Muthmainah , CNN Indonesia | Kamis, 07/12/2017 17:51 WIB
Natal, Kemenhub Siapkan 50 Bus Gratis Bisa Daftar Online Kementerian Perhubungan menyiapkan 50 bus untuk mudik gratis bagi warga Jakarta saat momen Natal. Masyarakat yang tertarik bahkan bisa mendaftar secara online. (CNNIndonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 50 bus yang bisa digunakan mudik gratis oleh warga Jakarta saat momen Natal tahun ini. Kemnhub pun menyediakan layanan pendaftaran secara manual maupun online.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan, pendaftaran itu sudah bisa dimulai saat ini. Untuk pendaftaran manual sendiri bisa dilakukan di gedung Kemenhub.

"Ini bebas untuk siapa saja, tapi kami usahakan pada masyarakat yang memang membutuhkan, dalam arti butuh pulang dan tidak membawa motor," ungkap Budi, Kamis (7/12).


Sayangnya, Kemenhub hanya menyediakan keberangkatan mudik gratis dari Ancol. Tujuan mudik pun terbatas hanya ke kota Semarang, Yogyakarta, dan Solo.

"Ini khusus berangkat saja ya," tegas dia.

Sementara itu, Kemenhub memastikan, tak akan terjadi penumpukan di jalan jia secara keseluruhan pola arus mudik natal tahun ini sama seperti tahun lalu. Pasalnya, beberapa warga kemungkinan sudah ada yang mulai berangkat sebelum hari Natal.


"Jadi kan ada libur tahun baru, orang sudah berangkat. Bisa kami antisipasi, Insya Allah lancar lah," jelas Budi.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pada tahun lalu ada kenaikan volume kendaraan sekitar 10 persen. Dengan kata lain, arus jalan masih terbilang lancar jika kenaikan masih di kisaran angka tersebut.

Ia menambahkan, penyediaan layanan angkutan umum gratis untuk warga Jakarta ini bekerja sama dengan beberapa Kementerian/Lembaga (K/L). (agi/agi)